Senin, 29 April 2024 11:30 WIB

Advetorial

Gerakan Anti Hoax Jurnalis Kaltim Sosialisasi Literasi Digital di SMA 5 Balikpapan

Redaktur: Rahmadani
| 564 views

Sosialisasi literasi digital yang digelar oleh Gerakan Anti Hoax Jurnalis Kaltim di SMA 5 Balikpapan. (Dok.Diskominfo Kaltim)

Samarinda, Afiliasi.net - Antusias ratusan pelajar SMA dan SMK tampak terlihat saat mengikuti sosialisasi literasi digital menangkal hoax yang digelar oleh Gerakan Anti Hoax Jurnalis Kaltim di SMA 5 Balikpapan, pada Kamis (21/7/2022).

Dalam giat tersebut juga dihadiri oleh narasumber dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Kaltim Muhammad Faisal, Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Ya'qub dan Ketua Gerakan Anti Hoax Jurnalis Kaltim Charles Siahaan.

Kepala SMA 5 Balikpapan, Imam Seger Suja'i mengatakan bahwa sosialisasi literasi digital menangkal hoax ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih lanjut kepada generasi muda di Balikpapan terkait bahaya penyebaran hoax.

Selain itu, agar nantinya generasi muda Kota Balikpapan juga dapat terhindar dari upaya provokasi dan tidak termakan isu negatif yang merugikan mereka sendiri.

"Jangan sampai kejadian beberapa tahun yang lalu terjadi lagi ketika siswa SMA dan SMK baku hantam membawa warga sekampung gara-gara bentrokan,"ucapnya.

Imam juga menguraikan bahwa tugas pelajar saat ini agar bisa menyampaikan kepada rekan sejawatnya lewat forum di sekolah masing-masing. Sehingga dapat memperkecil bahkan menghilangkan hoax di tengah-tengah masyarakat.

"Saya berharap kegiatan ini tidak sampai disini, karena terus terang saja remaja-remaja kita banyak menerima informasi yang salah dan bahkan Informasi yang tahu-tahu tidak benar tetapi ikut terlibat di dalamnya," ungkapnya.

Dengan mengikuti sosialisasi ini, diharapkan pelajar juga tidak ikut-ikutan sekaligus mencegah terjadinya penyebaran hoax. (Jr/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #anti-hoax #pemprov-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN