Kamis, 25 April 2024 04:26 WIB

Advetorial

Rutan dan Lapas se-Kaltimtara Alami Over Kapasitas, Pemprov Kaltim Rencanakan Pembangunan Lapas Baru

Redaktur: Rahmadani
| 850 views

Gubernur Kaltim, Isran Noor saat diwawancarai awak media, Selasa (16/8/2022). (Vicky/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Seluruh lapas di Indonesia hingga kini masih mengalami over kapasitas, terkhususnya Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Bahkan, dari data Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kaltimtara, tercatat bahwa saat ini seluruh Rutan dan Lapas di Kaltim mengalami over kapasitas hingga 399 persen. 

Dari yang seharusnya kapasitas Rutan dan Lapas hanya dapat manampung 3.586 orang, kini terpaksa harus menampung sebanyak 12.850 orang. 

Menanggapi hal itu, Pemerintah Provinsi Kaltim berencana untuk membangun Lapas baru yang lebih besar dan mampu menampung lebih banyak warga binaan. 

Gubernur Kaltim, Isran Noor pun mengakui bahwa pihaknya saat ini telah merencanakan pembangunan tersebut di kawasan Desa Embalut Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar).

Meski begitu, Pemprov Kaltim masih melakukan beberapa kajian dan proses persiapan aset lahan pembangunan Lapas. 

"Kita sudah rencanakan menyiapkan lahan, cuman agak jauh dari sini. Mungkin di sekitar Kukar, di Embalut. Sekarang dalam proses sebagian lahannya itu masih digunakan usaha masyarakat tambang," ungkap Isran saat diwawancarai awak media usai pemberian remisi di Lapas Kelas IIA Samarinda, Selasa (16/8/2022). 

Isran menyebutkan bahwa pihaknya akan menyiapkan lahan dengan luasan sekitar 1000 hektar. 

Selain itu, rencananya Pemprov Kaltim juga akan menyiapkan kegiatan-kegiatan warga binaan agar memiliki aktivitas yang produktif selama menjalani masa pidana. 

"Nanti di situ akan disiapkan ada kegiatan-kegiatan binaan bisa berkreasi, bisa bertani dan sebagainya. Itu dalam pikiran saya saja," ucapnya. 

Saat disinggung terkait kapan target pastinya pembangunan Lapas, Isran menjawab bahwa pihaknya akan melanjutkan pembangunan tersebut secara bertahap.

"Masih secara bertahap, ini masih mempersiapkan dulu lahannya," pungkasnya. (Jr/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #gubernur-kaltim #isran-noor #lapas-samarinda #pemprov-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN