Jumat, 26 April 2024 09:40 WIB

Advetorial

Kaltim Butuh Rp 3 Triliun Lagi untuk Benahi Jalan Provinsi

Redaktur: Rahmadani
| 689 views

Kadis PUPR-Pera Kaltim, Aji Muhammad Fitra Firnanda. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Sejumlah jalan provinsi di bawah tanggung jawab Pemprov Kaltim masih mengalami rusak ringan, sedang, hingga rusak berat. Meski begitu, capaian perbaikan jalan pada Agustus 2022 ini dikatakan telah mencapai 75 persen dari total keseluruhan jalan rusak (895 kilometer).

 “Kalau 75 persen dari 895 ya kurang lebih 600 kilometer (jalan yang sudah baik, Red). Artinya dalam kondisi mantap,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR Pera) Kaltim, Aji Muhammad Fitra Firnanda, Rabu, 17 Agustus 2022.

Sementara itu, lanjut Fitra, jalan provisni di Kutim yang dalam kondisi rusak ringan hingga rusak berat masih ada sekitar 200 kilometer. Utamanya ada di sepanjang simpang Kecamatan Kaliorang sampai Berau.

 “Itu daerah sana totalnya sendiri sekitar 400 kilometer. Itu dalam kondisi rusak ringan dan rusak berat. Yang kondisi terbuka belum teraspal masih ada sekitar 100 Kilometer,” sambung Fitra.

Diketahui, target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim adalah sampai akhir masa jabatan Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi yaitu pada 2023 mendatang.

“Untuk kondisi jalan itu provinsi 78 persen,  tetapi inshaallah untuk akhir masa jabatan kita melebihi target mudahan bisa sampai 80-an. 2023 kita sedang mengejar sekarang,” tegas Fitra.

Disinggung mengenai Kaltim belum merdeka secara fasilitas jalan yang memadai, Fitra tidak menghindarkan dan menuturkan itu lantaran antara panjang jalan dengan anggaran yang tersedia tidak seimbang.

Disebutkannya, jumlah jalan nasional di Kaltim ada sepanjang 1.700 kilometer, jalan provinsi sepanjang 895 kilometer, jalan kabupaten/kota jika digabung semuanya ada sekitar 8.000 kilometer. Belum termasuk jalan nonstatus.

“Untuk jalan nasional saya tidak berikan komentar. Namun untuk jalan provinsi kami butuh anggaran sekitar Rp 3 Triliun lebih untuk mantapkan sekitar 90 persen,” kata Fitra.

“Spesifikasi jalan yang menjadi masalah tahunan dan sering terjadi penambalan jalan itu dipengaruhi dari anggaran. Tetapi setiap perbaikan jalan langsung semuanya, anggaran tidak akan cukup,” tambahnya. (Jr/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #jalan-provinsi #pemprov-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN