Jumat, 29 Maret 2024 10:22 WIB

Advetorial

Pemprov Kaltim Luncurkan Program SIAGA

Redaktur: Rahmadani
| 716 views

Launching Program SIAGA DPK Kaltim. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Selain memusnahkan 2.801 arsip pemerintah daerah, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi turut meluncurkan program Selamatkan Informasi Arsip Keluarga Anda (SIAGA) di Kantor Bappeda Kaltim, Senin, 22 Agustus 2022.

Diketahui, program SIAGA ini diusung Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (DPK) Kaltim melalui unit pengelolaan arsip. Bertujuan membantu masyarakat menjamin keamanan saat menyimpan dokumen yang dinilai penting.

Kepala DPK  Kaltim Syafranuddin menerangkan, program ini sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 43 tahun 2009. Dimana peran serta masyarakat diwujudkan dalam ruang lingkup pengelolaan, penyelamatan, penggunaan arsip dan penyediaan sumber daya pendukung. Kemudian edukuasi dan bimbingan teknis tentang penyelamatan dan penataan arsip sejak dini, serta penyelamatan arsip keluarga dari ancaman bencana alam yang datang tanpa bisa diduga-duga.

Peran serta masyarakat dalam pengelolaan arsip, jelas Syafranuddin, sebagimana menciptakan arsip atas kegiatan yang dapat mengakibatkan munculnya hak dan kewajiban dalam rangka menjamin perlindungan hak-hak kependataan dan hak atas kekayaan intelektual, serta mendukung keterlibatan kegiatan penyelenggaraan negara.

“Kemudian menyimpan dan melindungi arsip perorangan, keluarga, organisasi politik dan organisasi kemasyarkatan masing-masing sesuai dengan standar dan ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Syafranuddin.

Ivan sapaan akrab Syafranuddin itu menyebutkan diluncurkannya SIAGA tepat pada tanggal dan tahun cantik yakni 22822 yang artinya tanggal 22 bulan Agustus Tahun 2022.

“Dinas PK sebagai lembaga kearsipan di Kaltim melakukan jemput bola  untuk ikut menyelamatkan arsip-arsip penting yang dimiliki kelurga maupun masyarakat umum. Program SIAGA arsip ini akan terus dikembangkan kedepan agar semakin mudah diakses dan layanan pemanfaatannya bagi masyarakat Kaltim sebagaimana harapan Gubernur Isran Noor,” tandasnya. (Jr/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #program-siaga #pemprov-kaltim #hadi-mulyadi 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler