Kamis, 28 Maret 2024 09:36 WIB

Advetorial

Komisi II DPRD Kaltim Dorong Pembentukan UPTD Baru Perikanan dan Kelautan di Kaltim

Redaktur: Rahmadani
| 846 views

Anggota DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Anggota Komisi II DPRD Kaltim Ely Hartati Rasyid mendorong pembentukan UPTD baru perikanan di Kaltim segera dilaksanakan.

Politisi asal fraksi PDI-P itu menyatakan pihaknya mendorong hal tersebut untuk mengorganisir pemasaran perikanan di Benua Etam.

“Ini sangat mendesak karena tempat kita sangat luas, kemudian ikan kita banyak,” kata Ely Hartati usai mengikuti Rapat Dengar Pendapat bersama dinas terkait di Kantor DPRD Kaltim Samarinda, Senin, 22 Agustus 2022.

 Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Nidya Listiyono menambahkan, dalam RDP pihaknya telah mengundang Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Balikpapan, kemudian Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Kaltim, Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim, serta MBS (salah satu perusda di Kaltim)

Ada beberapa pengajuan yang dibicarakan. Pertama, pembentukan UPTD perikanan baru dihrapkan supaya pengelolaan aset-aset Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim dapat berjalan efektif.

“Hari ini sudah terbangun di Balikpapan. Tetapi belum ada manpower planning yang tetap (masih honorer). Sehingga masih perlu dibuat UPTD supaya bisa terkelola dengan baik,” terang Nidya Listiyono.

Kedua, dengan dibuatnya UPTD diyakini mampu memaksimalkan potensi PAD. Sebab, lanjut Tiyo sapaanya, jangan sampai banyak potensi yang ada justru mengurangi pendapatan.

Hadirnya Perusda MBS untuk disampaikan rekomendasi melalui Dinas Perikanan dan Kelautan bahwa ada potensi bisnis yang kemudian perusda bisa mengerjakan alias mengambil peran dalam mengelola aset daerah.

“Termasuk peran BKIPM yang membantu memaksimalkan aset dibidang ekspor dan impor ikan,” tambahnya. (Jr/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ely-hartati-rasyid #pemprov-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler