Jumat, 19 April 2024 10:32 WIB

Advetorial

DPK Kaltim Ingin Eks Hotel Atlet di GOR Kadrie Oening Jadi Pusat Layanan Perpustakaan

Redaktur: Rahmadani
| 973 views

Eks Hotel Atlet di Gor Kadrie Oening, Samarinda. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Eks Hotel Atlet di Stadion Gelora Kadrie Oening, Jalan Wahid Hasyim I, Sempaja Selatan, Samarinda Utara, direncanakan menjadi pusat layanan perpusatakaan di Kalimantan Timur (Kaltim).

Rencana itu mencuat setelah adanya pembahasan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim bersama Ketua Umum Pengurus Daerah gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kaltim Syafrudin Pernyata dan Ketua Pembina GMP Widayani pada Kamis, 1 September 2022.

Rencana ini pun didukung penuh oleh pihak GPMB Kaltim. Sebab, melihat peran perpusatakaan dan kearsipan saat ini sudah dibutuhkan masyarakat banyak.

Kepala DPK Kaltim, Syafranuddin mengakui bahwa ide menggunakan eks Hotel Atlet sebagai pusat layanan perpustakaan daerah merupakan keputusan yang tepat.

"Selain bisa memanfaatkan aset daerah dengan baik, juga bisa meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terlebih tidak jauh dari eks Hotel Atlet, ada perguruan tinggi," ungkapnya.

Syafranuddin melanjutkan, apabila DPK Kaltim dipercaya mengelola Hotel Atlet ini maka pihaknya ke depan akan mengelola lebih baik lagi. Termasuk, memanfaatkan ruangan terbuka untuk mendukung aktifitas masyarakat yang digadang sekaligus bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Ada aula besar dan ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan UMKM. Selain itu pada halaman parkir bisa dimanfaatkan untuk parkir serta penyaluran bakat warga Kaltim. Jika banyak yang datang, tentu kami akan berikan layanan keperpustakaan karena nantinya dikembangkan, layanan perpustakaan digital melalui program,"paparnya.

Mantan Karo Humas Kaltim itu juga mengakui bahwa kondisi kantor Perpustakaan Kaltim kurang mendukung untuk aktifitas perpustakaan. Selain kerap kebanjiran, lahan parkir juga terbilang sempit. Hal itu berdampak terhadap minat berkunjung masyarakat.

Aakn hal tersebut, lanjut dia, Jika ide ini terwujud maka perpustakaan Kaltim akan memiliki wajah baru.

"Inshaallah, pak Gubernur, Wagub dan Sekda akan mendukung apa yang dicita-citakan. Karena perpustakaan juga mendukung peningkatan kualitas pendidikan Kaltim sebagaimana visi dan misinya gubernur,"tandasnya. (Jr/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dpk-kaltim #pemprov-kaltim #perpustakaan-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN