Sabtu, 20 April 2024 03:08 WIB

Lifestyle

Amalan Wajib dan Keutamaan Hari Jumat Bagi Umat Muslim

Redaktur: Redaksi
| 2.131 views

Ilustrasi. (Istimewa)

Afiliasi.net - Hari Jumat adalah hari yang sangat diterima dan diagungkan oleh umat Islam. Dalam Islam, Hari Jumat memiliki banyak keutamaan dan amalan yang wajib bagi setiap Muslim untuk melakukan. Berikut adalah beberapa amalan wajib dan keutamaan Hari Jumat:

Salat Jumat

Salat Jumat adalah salat yang wajib bagi setiap Muslim laki-laki yang memenuhi syarat. Ini adalah salat lima waktu yang dilakukan setiap hari Jumat dan diawali dengan khutbah.

Berbuka Puasa

Hari Jumat adalah hari yang baik untuk berbuka puasa, karena ini adalah hari kemenangan dan penerimaan dalam Islam.

Membaca Surah Al-Kahf

Membaca surah Al-Kahf pada hari Jumat adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Ini membantu memperkuat iman dan memberikan keamanan dari fitnah.

Berolahraga

Hari Jumat adalah hari yang baik untuk berolahraga, seperti bersepeda, berjalan-jalan, atau berolahraga lainnya. Ini membantu meningkatkan kesehatan dan memperkuat jasmani.

Bersholawat

Bersholawat adalah amalan yang sangat dianjurkan pada hari Jumat. Ini membantu menghormati Nabi Muhammad dan memperkuat iman.

Berdzikir dan Berdoa

Hari Jumat adalah hari yang baik untuk berdzikir dan berdoa. Ini membantu memperkuat spiritual dan meningkatkan hubungan dengan Allah.

Berinfaq

Berinfaq pada hari Jumat adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Ini membantu memperkuat ekonomi dan meningkatkan kebahagiaan.

Hari Jumat adalah hari yang sangat penting dalam Islam dan memiliki banyak keutamaan dan amalan wajib bagi setiap Muslim. Setiap Muslim harus menjaga dan memperhatikan hari Jumat dengan baik agar dapat memperoleh manfaat dan kebaikan dari hari tersebut. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #bacaan-salat-jumat #keutamaan-salat-jumat #amalan-wajib #surah-al-kahf 

Berita Terkait

IKLAN