Sabtu, 20 April 2024 07:29 WIB

Advetorial

Bersama Bappedalitbang, Dewan Bahas Kesiapan Samarinda Jelang Pembangunan IKN Nusantara

Redaktur: Redaksi
| 572 views

Ketua Komisi II DPRD Samarinda, Fuad Fakhrudin yang menyebut kalau RPJMD 2023 fokus pembenahan Kota Tepian sebagai penyangga IKN Nusantara. (istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Para anggota DPRD Samarinda bersama Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) menggelar sejumlah rapat penting membahas kesiapan pembangunan jelang perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pada Selasa (7/3/2023).

Kesiapan Samarinda sebagai kota penyangga itu dibahas secara serius dalam Rapat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2023.

“Hal ini penting dibahas karena berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan terhadap pemindahan IKN,” ungkap Ketua Komisi II DPRD Samarinda, Fuad Fakhrudin.

Selain pembenahan yang harus disiapkan, pada RPJMD tersebut juga kembali dibahas terkait rencana pemindahan pusat pemerintahan Samarinda saat diwaktu kepemimpinan Syahrie Jaang.

Namun hal tersebut, dijelaskan Fuad tidak akan dilanjutkan. Sebab rencana Samarinda saat ini lebih banyak berfokus pada sektor peningkatan berbagai sektor.

Daripada harus mengurus pemindahan pusat pemerintahan Kota Tepian.

Selanjutnya Fuad juga memaparkan tentang isu-isu nasional yang penting dibahas. Salah satunya adalah perihal perbaikan jalan yang tersambung dan termanfaatkan untuk menunjang IKN Nusantara.

“Kami melihat sambungan jalan tol Balikpapan dan IKN, yang terkoneksi pada perkembangan daerah Palaran,” tambahnya.

Politisi Gerindra itu juga menjelaskan bahwa penanganan banjir juga menjadi fokus, terlebihnya Pemerintah Kota Samarinda sangat serius dalam mengatasi banjir walau belum signifikan.

“Hasilnya cukup baik, tapi perlu diteruskan sampai IKN pindah ke Kalimantan Timur,” pungkasnya. (adv/dprdsamarinda)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-samarinda #fuad-fakhrudin #rpjmd-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN