Sabtu, 20 April 2024 08:55 WIB

Danau Pasca Tambang di Desa Loa Pari Akan Disulap Jadi Objek Wisata

Redaktur: Redaksi
| 599 views

Kades Loa Pari, I Ketut Sudiyatmika. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Kepala Desa (Kades) Loa Pari, I Ketut Sudiyatmika berencana akan mengalihfungsikan danau pasca tambang yang ada di lingkungan desanya menjadi objek wisata. Hal itu diungkapkannya saat dikonfirmasi awak media, Kamis (30/3/2023).

Danau yang akan ia sulap menjadi objek wisata itu diketahui memiliki luasan yang cukup besar yakni sekitar 34 hektare. Danau itu merupakan yang terbesar dari danau pasca tambang lainnya yang ada di Kecamatan Tenggarong Seberang.

Dirinya mengaku potensi wisata danau itu akan sama saja dengan sejumlah tempat wisata lainnya yang ada di Kecamatan Tenggarong Seberang. Namun ia tetap optimis, sebab diakuinya konsep dari wisata danau desanya itu akan memiliki nuansa yang berbeda.

"Sambil pelan-pelan kita kembangkan, konsep awalnya sih kita mau semua serba diatas air (Terapung)," ungkapnya.

I Ketut juga mengungkapkan bahwa untuk mengawali pengembangan wisata danau di desanya itu, Pemerintah Desa (PemDes) akan terlebih dulu membuka camping ground di lokasi tersebut sebab anggaran membangun wahana yang masih minim.

Oleh karena itu, dirinya mengaku membuka pintu bagi para investor untuk menanamkan modal bagi objek wisata yang akan dibangun di desanya itu.

"Tapi mungkin perlu waktu, kami sih berharap ada investor. Tapi sepertinya investor ini kurang berani untuk masuk ke area pasca tambang. Jadi sekarang kita coba sendiri dulu, desa yang kelola," ucapnya.

I Ketut menerangkan bahwa sebenarnya wacana mengubah danau pasca tambang menjadi objek wisata ini telah ada sejak beberapa tahun lalu. Namun, pada saat itu aksesnya jalannya masih sulit, sehingga pihaknya lebih memilih fokus untuk membenahi infrastrukturnya terlebih dulu.

"Nah sekarang hanya sisa sedikit saja yang perlu kita benahi, jadi di tahun ini kita akan fokus kepada pengembangan wisata," pungkasnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #danau-pasca-tambang #diskominfo-kukar #objek-wisata-kukar 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler