Sabtu, 27 April 2024 05:03 WIB

Advetorial

Distanak Kukar Siapkan 28 Ribu Dosis Vaksin PMK

Redaktur: Redaksi
| 768 views

Ilustrasi penyuntikan vaksin PMK (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Guna mencegah dan menekan penularan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) saat ini terus melakukan upaya vaksinasi PMK.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Kukar, Aji Gozali Rahman saat dikonfirmasi, Jum'at (31/3/2023).

Aji Gozali menjelaskan, sejauh ini pihaknya telah melakukan 2 tahapan vaksinasi dengan tital 18 ribu dosis vaksin yang telah di suntikan pada binatang ternak sapi.

"Kita dapat jatah itu masing-masing 9 ribu untuk tahap pertama dan kedua, nanti ada tambahan lagi 10 ribu, jadi total keseluruhan sebanyak 28 ribu dosis vaksin yang akan kita salurkan," ucap Aji Gozali Rahman.

Ia mengatakan, dosis vaksin yang didapat ini disebarkan kepada seluruh peternak di 20 kecamatan yang ada di Kukar. Namun untuk saat ini pihaknya mengaku masih terfokus pada vaksinasi terhadap binatang ternak sapi.

Aji Gozali menambahkan, Vaksin PMK ini tidak hanya diberikan sekali, tapi juga diberikan tiga kali, dimana jarak antara vaksin pertama dan kedua adalah selama satu bulan. Sedangkan untuk vaksin ketiga memerlukan waktu 6 bulan.

"Nah kita agak kesusahan untuk vaksin dosis ketiga ini, karena ini kan masalah ekonomi warga. Seringkali banyak binatang ternak yang sudah dipotong sebelum di vaksin dosis ketiga," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran PKM dari luar daerah, Aji Gozali mengatakan pihaknya mewajibkan seluruh sapi yang datang dari luar pulau Kalimantan, khususnya NTT untuk wajib di vaksin terlebih dahulu sebelum dipotong. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #vaksin-hewan #distanak-kukar #diskominfo-kukar 

Berita Terkait

IKLAN