Selasa, 23 April 2024 06:08 WIB

Lifestyle

Meski Dianggap Normal, Onani Berlebihan Ternyata Bisa Menyebabkan Masalah Ini!

Redaktur: Redaksi
| 1.353 views

Ilustrasi. (Sumber: Halodoc)

Afiliasi.net - Onani atau masturbasi adalah tindakan merangsang diri sendiri secara seksual hingga mencapai orgasme. Aktivitas ini sering dianggap sebagai tindakan yang normal dan sehat bagi banyak orang, terutama remaja. Namun, ada beberapa pendapat yang berbeda tentang apakah onani dapat membahayakan kesehatan atau tidak. Dr. Boyke, seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan, menyatakan bahwa ada beberapa bahaya yang terkait dengan onani.

Pertama-tama, onani dapat menyebabkan masalah psikologis. Seseorang yang sering melakukan onani dapat menjadi kecanduan dan tidak bisa mengontrol diri. Hal ini dapat menyebabkan rasa bersalah, rasa malu, dan rasa depresi. Menurut Dr. Boyke, onani dapat menyebabkan perasaan rendah diri dan kurangnya kepercayaan diri.

Kedua, onani juga dapat menyebabkan masalah fisik. Pada pria, onani yang terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada penis dan bahkan dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Sedangkan pada wanita, onani yang terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada klitoris dan vulva. Dr. Boyke juga mengatakan bahwa onani dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan dapat mengganggu fungsi sistem reproduksi.

Ketiga, onani dapat mempengaruhi hubungan sosial dan interaksi dengan orang lain. Seseorang yang sering melakukan onani dapat menjadi kurang tertarik pada pasangan seksualnya dan kurang mampu untuk membangun hubungan yang sehat dan bermakna. Menurut Dr. Boyke, onani dapat menyebabkan kurangnya kemampuan untuk merespons dan memberikan kepuasan pada pasangan.

Meskipun ada beberapa bahaya yang terkait dengan onani, Dr. Boyke menyatakan bahwa onani yang dilakukan secara teratur dan dalam batas-batas yang sehat tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun, jika seseorang mengalami masalah psikologis atau fisik yang terkait dengan onani, maka sebaiknya mereka berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan.

Pada akhirnya, onani harus dilakukan dengan bijak dan sehat. Seseorang harus menyadari bahaya yang terkait dengan onani dan mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya. Dalam hal ini, keseimbangan sangat penting. Jika dilakukan dengan benar dan dalam batas-batas yang sehat, onani dapat menjadi tindakan yang normal dan sehat bagi tubuh dan pikiran. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bahaya-onani #dr-boyke #tips-kesehatan #masalah-psikologis 

Berita Terkait

IKLAN