Rabu, 19 Juni 2024 07:47 WIB

Lifestyle

Ini Enam Tips Berenang Paling Mudah Dilakukan Pertama Kali Bagi Pemula

Redaktur: Redaksi
| 492 views

Ilustrasi berenang di kolam renang

Afiliasi.net - Olahraga renang dapat dijadikan rutinitas kebugaran baru karena menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Khususnya bagi pemula, berenang termasuk pilihan aktivitas fisik yang bagus untuk dijalani secara rutin. Setidaknya begitulah kata Christopher Travers, MS, ahli fisiologi dari Cleveland Clinic.

Sebab, kata Travers, aktivitas fisik yang melibatkan air menawarkan daya apung dan daya tahan yang membuat pelakunya melibatkan koordinasi pada seluruh tubuh daripada bentuk olahraga yang lain.

"Seiring dengan latihan kardiovaskular, berenang menawarkan lebih sedikit 'keausan' pada tubuh daripada olahraga lain. Ini adalah pilihan yang bagus untuk siapa saja," ujar Travers, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Jika kebetulan kita baru saja memulai rutinitas kebugaran dengan berenang, berikut beberapa tips yang dapat dipertimbangkan.

1. Mulai dari hal kecil

Saat baru mulai berenang, kita mungkin akan terkejut ketika melihat kolam renang yang begitu luas atau melihat kedalaman kolam yang terkadang bisa memicu kepanikan. Tetapi untuk memulainya, kita dapat mengawali dari hal kecil, yaitu mulai berenang dengan lambat. "Mulailah secara perlahan. Jangan berpikir kita bisa berenang setengah jam setiap hari," kata Travers.

Sebagai awalan, kita dapat membiasakan tubuh dulu dengan berada di air selama lima menit dan di kolam yang dangkal. Membiasakan diri dengan keadaan baru ini dapat membantu kita lebih mudah menyesuaikannya.

2. Jangan langsung ke perairan alam

Kebanyakan pemula mungkin tergesa-gesa ingin belajar berenang dan merasakan kolam alami seperti danau, pantai atau sungai. Tetapi idealnya kita bisa memulai kebiasaan baru ini di kolam renang buatan terlebih dahulu. "Saat pertama memulai, kita harus merangkak sebelum bisa berjalan. Artinya, kita harus belajar renang di kolam renang buatan sebelum pindah ke perairan terbuka," ujar Travers.

3. Meminta bantuan

Penjaga kolam atau tim penyelamat bukan hanya untuk anak-anak. Cara teraman untuk memulai kebiasaan berenang adalah hubungi dan berkomunikasi dengan para penjaga itu. Lalu, bicarakan kalau kita sedang belajar berenang. Mereka yang secara profesional terlatih akan siap sedia menjaga kita di kolam jika terjadi keadaan darurat.

4. Jangan memaksakan diri

Keluarlah dari air jika mulai kram atau ada sensasi yang tidak nyaman di tubuh, terutama jika gejalanya berkaitan dengan sensasi berdenyut, nyeri hingga perih. "Jika terasa mulai sakit di pinggul, bahu atau bagian tubuh lainnya, itu pertanda kalau kita harus berhenti berenang. Hindari memaksakan diri dan periksa ke petugas kesehatan dan mulai lagi jika sudah pulih," paparnya.

5. Konsultasi dengan dokter

Sebelum memulai aktivitas fisik baru, tanyakan pada dokter terkait apakah kegiatan itu aman untuk dilakukan. Dalam hal ini, terutama jika kita sama sekali belum pernah atau jarang berenang. 

6. Pelajari teknik renang mendasar

Untuk pemula, mulailah dengan memahami teknik dasar seperti mengapung atau menggerakkan kaki. Belajar mengapung ini dapat memberikan kepercayaan diri kita saat berada di air. Kemudian pelajaran bisa berlanjut ke teknik pernapasan yang merupakan kunci saat berenang. (editor: jon)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #tips-berenang #berenang #gaya-hidup #lifestyle 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler