Rabu, 19 Juni 2024 09:50 WIB

Lifestyle

Anjing Anda Sering Menjulurkan Lidah, Kemungkinan Disebabkan Sindrom Ini

Redaktur: Redaksi
| 470 views

Ilustrasi anjing menjulurkan lidah

Afiliasi.net - Menjulurkan lidah merupakan salah satu perilaku anjing yang mudah diketahui. Perilaku ini menjadi ciri khas dari hewan berbulu ini. Meskipun merupakan perilaku normal, namun apabila anjing menjulurkan lidah terus menerus, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Dilansir Dog Time, Sabtu (19/8/2023), setidaknya ada empat kemungkinan alasan mengapa anjing menjulurkan lidah terus menerus. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Anjing sedang merasa santai

Salah satu alasan anjing menjulurkan lidah yaitu anjing sedang merasa santai. Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa menjulurkan lidah merupakan sebuah reaksi alami. Pada anak anjing, biasanya mereka akan menjulurkan lidah setelah makan makanan enak, bermain sesuka hati, atau berbaring dekat dengan pemiliknya yang membuat mereka merasa bahagia.

2. Terengah-engah

Saat anjing terengah-engah juga biasanya akan menjulurkan lidah. Dengan menjulurkan lidah, maka akan membantu penguapan yang membuat suhu tubuh anjing lebih dingin. Apabila mendapati anjing peliharaan sedang terengah-engah, maka sebaiknya segera tempatkan anjing di area yang sejuk dan kurangi aktivitas fisiknya untuk membantu menurunkan suhu tubuhnya. Jika anjing terengah-engah dalam waktu yang cukup lama, maka sangat dianjurkan untuk segera membawanya ke dokter hewan.

3. Sedang dalam masa pengobatan

Apabila anjing sedang dalam masa pengobatan, biasanya anjing akan selalu menjulurkan lidahnya. Meskipun kondisinya normal, namun tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan anjing mendapatkan pengobatan yang tepat. 

4. Mengalami sindrom lidah menggantung

Kondisi lain yang mungkin menjadi penyebab anjing menjulurkan lidah terus menerus yaitu anjing mengalami sindrom lidah menggantung. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor genetik. Selain karena faktor genetik, penyakit gigi juga bisa penyebabnya. Ketika gigi sakit dan dicabut, maka lidah ada yang menopang, sehingga menyebabkan lidah keluar. Apabila anjing mengalami sindrom ini, rutinlah untuk membawanya ke dokter hewan agar mendapatkan pemeriksaan yang intensif. (editor: jon)

 

 

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #lifestyle #anjing #anjing 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler