Senin, 29 April 2024 08:40 WIB

Daerah

Bapenda Tegaskan Warga Tak Perlu Takut Tolak Bayar Parkir di Indomaret

Redaktur: Redaksi
| 224 views

TUKANG PARKIR - Ilustrasi tukang parkir di Indomaret

Samarinda, Afiliasi.net - Persoalan pungutan liar (pungli) biaya parkir di gerai Indomaret masih terus menjadi perbincangan masyarakat. Ini juga terjadi di Kota Samarinda.

 
Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Samarinda mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu membayar parkir saat mengunjungi Indomaret.


Sebab, pihak pengusaha gerai Indomaret telah membayar pajak. Termasuk dengan biaya parkir kepada pengunjung. Sehingga yang berbelanja tidak dipungut biaya parkir.

 “Ada namanya parkir cuma-cuma, gratis untuk pelanggan. Dan pajak parkir itu sudah ditanggung oleh pengusaha,” ujar Kepala Bidang Self Assesment Bapenda Samarinda, Fachrudin, Kamis (31/8/2023).


Sebab, lahan parkir di Indomaret merupakan salah satu fasilitas bagi pelanggan.

 
“Ini informasi untuk masyarakat. Itu sebenarnya gratis dan itu merupakan fasilitas pelanggan,” sebutnya.


Bahkan, pemberitahuan tersebut telah dipasang di setiap gerai Indomaret dalam bentuk stiker.

 
“Sudah ada stiker khusus yang memang kami yang pasang, sebagai informasi bahwa parkir di situ adalah gratis,” jelasnya lagi.


Sebelumnya Bapenda telah ikut berpartisipasi melakukan upaya dalam menangani masalah pungli bersama dengan OPD keamanan terkait. 

Namun hal tersebut dirasa belum maksimal.


“Sudah pernah kita lakukan tim gabungan untuk razia. Tapi ketika kami datang, mereka pergi. Bahkan setelahnya mereka balik lagi,” ujarnya.

 Hingga saat ini, kurang lebih sebanyak 15 lokasi dari 150 gerai Indomaret yang masih belum tertangani terkait masalah pungli dari jukir liar.


Kendati demikian, ia mengimbau kepada masyarakat untuk membiasakan diri dan bersikap tegas.

 
“Jika masih ada yang tarik biaya parkir, itu oknum. Jangan diberi dan tidak perlu takut. Mereka tidak berhak memungut. Itu jelas pungli,” pungkasnya. (editor: jon)


TOPIK BERITA TERKAIT: #indomaret #parkir-gratis #pungli #kota-samarinda #samarinda 

Berita Terkait

IKLAN