Kamis, 30 Mei 2024 04:13 WIB

Kuliner

Tiga Alasan Sebaiknya Minum Kopi, Bisa Mengurangi Depresi Juga Loh

Redaktur: Redaksi
| 512 views

Ilustrasi minum kopi

Afiliasi.net - Kopi telah menjadi bagian gaya hidup. Minum kopi bahkan kerap diandalkan untuk meningkatkan suasana hati agar lebih bahagia.
Mungkin kamu pernah mendengar keluhan bahwa orang tidak bersemangat ketika belum minum kopi. Setelah minum kopi, tak jarang orang yang merasa lebih produktif dan bahagia.

Banyak yang beranggapan bahwa manfaat itu hanyalah sugesti. Namun jangan salah, manfaat kopi tersebut bukan sugesti semata, melainkan dapat dibuktikan secara ilmiah.

Dikutip dari INC, berikut penjelasan ilmiah mengapa kopi bisa membuat seseorang lebih produktif dan lebih bahagia.

1. Kopi Meningkatkan Energi

Kita semua tahu bahwa kafein berdampak pada tingkat energi kita. Kafein adalah salah satu sumber stimulan yang paling umum. Kafein berperan memblokir adenosin.

Adenosin merupakan neurotransmitter yang menyebabkan kantuk. Ini berkaitan dengan reseptor adenosin yang menyebabkan sel-sel saraf menstimulasi dan meningkatkan neuron.

Akibatnya, kelenjar pituitari melepaskan hormon yang menyebabkan kelenjar adrenal memproduksi adrenalin. Namun, jika tidak ingin mengganggu pola tidur, hindari minum kopi di sore hari.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Kafein pada kopi juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Kafein menghambat adenosin, sehingga memungkinkan kamu untuk lebih waspada dan tetap fokus.

Pada waktu bersamaan, adrenalin yang dihasilkan akan membuka saluran udara, sehingga kamu dapat bernapas lebih mudah.

Ini meningkatkan oksigen dalam aliran darah yang juga berdampak positif pada otak. Jadi, kamu bisa berpikir lebih jernih, menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan dengan tepat.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan bentuk demensia lainnya hingga 65%.

 

 

3. Mengurangi Depresi


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi memiliki kemungkinan 20% lebih kecil untuk mengalami depresi, dan 53% lebih kecil untuk meninggal karena bunuh diri.


Salah satu alasannya karena peran dari kafein yang dapat meningkatkan kadar dopamin di otak. Dopamin adalah zat kimia yang membuat kamu merasa lebih bahagia. (editor: jon)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #minum-kopi #kopi #manfaat-minum-kopi 

Berita Terkait

IKLAN