Kamis, 02 Mei 2024 08:33 WIB

Daerah

Mall Pelayanan Publik Samarinda Buka Layanan Nikah Gratis, Pasangan Langsung dapat KTP dan KK Baru

Redaktur: Redaksi
| 201 views

Pernikahan yang dilangsungkan di MPP Kota Samarinda

 

Samarinda, Afiliasi.net - Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Samarinda menyediakan pelayanan balai nikah bagi pasangan yang ingin menikah.

Pelayanan yang disediakan MPP ini merupakan terobosan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPSP) itu. Layanan nikah di MPP gratis.

Ketika menikah di MPP Samarinda, pasangan akan langsung mendapat buku akad nikah, KTP dan KK baru dengan status yang sudah berubah yakni menikah.

Sekitar 6 pasangan telah melangsungkan pernikahan di balai nikah MPP Jalan Pahlawan, Jumat (8/9/2023). 

"Karena ini gratis jadi bila masyarakat mau menikah bisa mengajukan di MPP jauh-jauh hari agar kami bisa menjadwalkan," ungkap Sekda Samarinda, Hero Mardanus.

Pria yang akrab disapa Hero ini berharap dengan adanya pelayanan yang diberikan MPP Samarinda ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Tepian.

"Harapannya tentu saja untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya Kota Samarinda," ujarnya.

Penyedian balai nikai di MPP ini merupakan kolaborasi DPMPTSP Samarinda dengan Disdukcapil Samarinda dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Samarinda.

Bagi masyarakat yang ingin menikah di MPP dapat berkoordinasi dengan Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatam masing-masing untuk mendapatkan jadwal.

"Proses pernikahan yang mudah dan singkat ini diharapkan akan membantu masyarakat,” tuturnya.

Menurut Hero, pelayanan ini adalah langkah besar dalam menghilangkan birokrasi yang seringkali dianggap merepotkan proses pernikahan.

Jadi, MPP Samarinda bukan hanya menjadi tempat untuk prlayanan publik saja. Tetapi, tempat ini menjadi tempat yang sakral dan saksi  sejarah bagi pasangan yang menikah. (editor: jon)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #nikah-gratis #mpp-samarinda #kota-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN