Selasa, 17 September 2024 03:07 WIB

Advetorial

Peringati WCD 2023, DLHK Kukar Gelar Aksi Pungut Sampah di Tenggarong Sebrang.

Redaktur: Redaksi
| 178 views

Suasana kegiatan WCD 2023 (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net – Peringati World Cleanup Day (WCD) tahun 2023, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar Kutai Kartanegara (Kukar) lakukan aksi pungut sampah di Tenggarong Sebrang, Jumat (29/09/2023).

Dalam peringatan WCD kali ini, DLHK Kukar turut melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) lain, komunitas, stakeholder terkait, pelajar dan masyarakat. Para peserta yang mengikuti kegiatan ini, melakukan aksi pungut sampah dari bawah jembatan Mahakam Tenggarong. Hingga Pelabuhan Aji Imbut Tenggarong Seberang.

Untuk diketahui, WCD adalah suatu gerakan yang mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan bersih-bersih serentak diseluruh dunia. Kegiatan ini umumnya dilakukan secara rutin ditiap tahun pada tanggal 16 September.

Kepala DLHK, Alfian Noor menjelaskan, kegiatan ini digelr dalam rangka melakukan kampanye budaya hidup sehat dan bersih pada masyarakat.

“Tentunya gerakan ini didasari oleh rasa kepedulian terhadap lingkungan yang semakin banyak sampah. Sehingga kegiatan ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat, untuk melakukan gerakan serupa di lingkungan masing-masing,” ungkap Alfian Noor.

Ia menambahkan, gerakan ini merupakan bukti nyata yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Dalam upaya meningkatkan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Sehingga, ia juga turut mengucapkan apresiasi dan terimakasih, terhadap seluruh lapisan masyarakat yang sudah berpartisipasi aktif dalam mensukseskan kegiatan ini.

Dalam kesempatan ini, ia juga menghimbau agar seluruh masyarakat lebih peduli terhadap sampah rumah tangga yang dihasilkan. Dengan cara mulai memilah sampah sesuai dengan jenisnya mulai dari rumah.

“Dengan memilah sampah mulai dari rumah, akan membantu mudahkan proses pengelolaan sampah selanjutnya. Sehingga ini dapat membantu meminimalisir produksi sampah harian kita,” pungksnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #world-cleanup-day-2023 

Berita Terkait

IKLAN