Senin, 29 April 2024 01:43 WIB

Advetorial

Sebanyak 75 Motoris Balap Ketinting di Sungai Mahakam

Redaktur: Redaksi
| 171 views

BALAP KETINTING -Sebanyak 75 peserta unjuk skill pada lomba balap ketinting. Kegiatan yang berlangsung di dermaga Pulau Kumala diselenggarakan pada 29-30 September 2023. ist

Tenggarong, Afiliasi.net - Sebanyak 75 peserta unjuk skill pada lomba balap ketinting. Kegiatan yang berlangsung di dermaga Pulau Kumala diselenggarakan pada 29-30 September 2023.

Balap ketinting di Sungai Mahakam, Kutai Kartanegara ini terbagi menjadi dua kategori yakni kelas bebas 500 cc dengan jumlah 38 peserta dan sebanyak 37 peserta bertarung di kelas 7,5 Hp Piston.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kukar Aji Ali Husni mengatakan, olahraga tradisional (Oltrad) kategori tantangan memang memiliki banyak peminat di Kutai Kartanegara.

Sehingga balap ketinting diselenggarakan untuk memeriahkan Erau Adat Pelas Benua 2023.

Para peserta berasal dari beberapa kecamatan di Kukar. Bahkan kabupaten/kota di Kalimantan Timur juga ikut bergabung. Di antaranya Kutai Barat, Berau, hingga Malinau Kalimantan Utara (Kaltara) turut meramaikan event tersebut.

“Kukar jadi salah satu barometer prestasi di lingkungan penggiat olahraga ketinting. Jika sudah juara di sini (Kukar), itu sudah luar biasa menurut mereka,” kata Ali, Sabtu (30/9/2023).

Kutai Kartanegara memang eksis dalam melaksanakan olahraga masyarakat. Mengingat masih ada masyarakat yang menggunakan transportasi seperti ketinting di Sungai Mahakam.

Generasi muda yang tinggal di daerah sungai hingga laut memanfaatkan kondisi itu untuk mengasah kemampuannya dalam mengemudi ketinting. Selain itu, sejumlah daerah juga kerap melaksanakan perlombaan serupa.

“Kami harapkan terus mengasah kemampuan dari mengemudikan dan setiap ada lomba ya diikuti dengan bawa nama Kukar. Kemarin pegiat Kukar berhasil menjuarai di Sulawesi,” tutupnya. (editor: jon)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #balap-ketinting #kutai-kartanegara #kukar 

Berita Terkait

IKLAN