Rabu, 08 Mei 2024 05:59 WIB

Advetorial

Bupati Kukar Buka Pekan Inovasi Dan Kreativitas 2023

Redaktur: Redaksi
| 110 views

Bupati Kukar, Edi Damansayah Saat menyampaikan arahan dalam Kegiatan Pekan Inivasi dan Kreativitas 2023 (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damasyah membuka Pekan Inovasi dan Kreativitas 2023. Sebut sebagai ajang untuk melihat kinerja dan inovasi lembaga daerah hingga tingkat Kelurahan dan Desa.

Pekan Inovasi dan Kreativitas kali ini mengusung tema “Inovasi dan kreativitas untuk akselerasi mewujudkan Kukar IDAMAN”. Edi berharap melalui agenda ini dapat menciptakan perubahan tradisi dan pola kerja perangkat pemerintahan.

Melalui gerakan Satu Instansi Satu Inovasi (One Agency One Innovation) yang mewajibkan satu Perangkat Daerah atau Unit Kerja. Untuk menghasilkan setidaknya satu inovasi pelayanan publik setiap tahunnya.

“Itu sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah Kabupaten Kukar,” kata Edi, Rabu (11/10/2023).

Pekan inovasi dan kreativitas ini, diselenggarakan dengan berbagai kategori. Diantaranya adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kecamatan, Kelurahan atau Desa, Badan usaha Milik Desa (BUMDes), dan Puskesmas.

Di sektor pendidikan juga tersedia kategori sekolah, guru dan Siswa. Kemudian petani-nelayan, perempuan, penyandang difabel, mahasiswa dan pemuda.

Tahapan kegiatan ini dimulai dengan mendaftarkan inovasi sesuai dengan kategori di website inovasikukarkab.go.id, mulai tanggal 11-13 Oktober.

Dilanjutkan dengan penilaian inovasi mulai 1–20 November, penentuan nominasi 20 November, kemudian verifikasi lapangan 20-26 November, presentasi inovasi 27 November – 8 Desember, kemudian penentuan pemenang.

Edi berharap, Badan Riset Daerah (Brida) Kukar bersama Tim Penilai dan juga Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar. Dapat membuat sistem konsep dalam pekan inovasi ini, sehingga mampu mendorong perbaikan di internal perangkat daerah. Baik dari tingkat kabupaten hingga Kelurahan dan Desa.

“Ini untuk melihat bagaimana perubahan yang terjadi hingga di tingkat kelurahan. ini untuk mendorong lembaga pemerintah berinovasi, menunjukkan peran pemerintah di masyarakat,” tegasnya.

Edi juga mengatakan, pekan Inovasi dan Kreativitas merupakan salah satu upaya Pemkab Kukar. Dalam percepatan pencapaian target pembangunan daerah, yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Salah satunya melalui penguatan pembangunan daerah berbasis riset dan inovasi.

“Hal ini sekaligus sebagai upaya dalam menjaring ide inovasi dan kreativitas dari berbagai pihak, menumbuh kembangkan dan memperkuat pembangunan daerah berbasis riset dan inovasi demi mewujudkan Kutai Kartanegara yang Inovatif, Berdaya Saing dan Mandiri,” tutup Edi. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #edi-damansyah #pekan-inovasi-2023 #rpjmd-kukar 

Berita Terkait

IKLAN