Selasa, 07 Mei 2024 05:52 WIB

Advetorial

Tak Ada Lagi Desa Sangat Tertinggal di Kukar

Redaktur: Redaksi
| 121 views

Kepla DPMD Kukar, Arianto (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) meningkatkan kemandirian desa berbuah manis. Kini tidak ada satupun desa di Kukar yang menyandang kategori Sangat Tertinggal.

Sejak tahun 2021, Indeks Desa Membangun (IDM) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus alami peningkatan. Tentunya pencapaian ini diperoleh dari berbagi upaya yang dihalakan Pemkab Kukar. Berbagai intervensi terus di lakukan Pemkab Kukar, untuk mendongkrak IDM di tiap desa. Baik itu dari sektor ekonomi, sosial, pendidikan hingga kesehatan.

Kepala Diana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto mengatakan. Pada 2021 lalu, terdapat tujuh desa di Kukar dengan kategori Desa Sangat Tertinggal. Kemudian 98 desa, dikategorikan Berkembang, 64 desa Maju dan 24 desa terkategorikan sebagai desa Mandiri.

Kini setelah tiga tahun berselang, berdasarkan data DPMD Kukar, desa berkembang berkurang jadi 48. Peningkatan justru datang dari kategori Maju, yakni 69 desa dan Mandiri sebanyak 76 desa.

“Sebelumnya ada tujuh desa yang tertinggal, dan tahun 2022 kita sudah tidak ada lagi desa tertinggal,” kata Arianto, Kamis (12/10/2023).



Ia menjelaskan, pertumbuhan IDM menjadi salah satu Program Dedikasi Kukar Idaman, yakni Kukar Bebaya. Hal ini menjadi Indikator Kinerja Utama (IKU) DPMD dalam menuntaskan desa tertinggal. Langkah selanjutnya adalh mengupayakan desa berkembang menjadi maju dan mandiri.

Untuk mendongkrak penilaian IDM, DPMD Kukar bakal bekerja sama dengan Bankaltimtara untuk menyediakan fasilitas sarana dan prasarana perbankan di setiap desa, karena sejumlah insentif desa disalurkan secara non tunai atau transfer.

Kemudian DPMD juga akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk menyediakan fasilitas posyandu dan puskemas pembantu (Pusban) di setiap desa, serta menambah bidan dan tenaga kesehatan (Nakes).

“Jadi desa berkembang, maju dan mandiri, Bupati dan Wabup memang merekomendasikan hasil survei IDM menjadi perhatian untuk ditindaklanjuti tentang indeks ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan agar terus dikawal,” serunya

“Status IDM Kukar saat ini sudah maju di angka 0,776. Target kita maju di 2024 dengan angka 0,788 mendekati mandiri (0,8),” tutupnya. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #desa-mandiri #pembangunan-desa-di-kukar 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler