Selasa, 07 Mei 2024 07:20 WIB

Advetorial

Gandeng Akademisi, Pemkab Kukar Terus Kembangkan Sektor Pertanian

Redaktur: Redaksi
| 72 views

Suasana pertenuan dengan Tim Ahli UGM (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Serius kembangkan sektor pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) gandeng Tim Ahli daru Universitas Gajah Mada (UGM). Pada Kamis (12/10/23), Pemkab menggelar pertemuan dengan akademisi UGM di ruang rapat Bappeda Kukar.

Kukar. Pertemuan ini terpusat di
Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, dan dihadiri oleh Plt Bappeda Kukar, Syarifah Venessa Vilna, Tim Ahli dari UGM, OPD terkait dan perwakilan dari Universitas Mulawarman serta Universitas Kutai Kartanegara. 



Dalam kesempatan ini, Bupati Kukar Edi Damansyah menegaskan program ini dijalankan sebagai percontohan. Artinya bukan berarti daerah lain tidak akan dilakukan pengembangan, hanya saja dalam kawasan ini memiliki konsep ekosistem.

"Misalkan kawasan yang pertama itu kan ada di Kecamatan Muara Kaman dan Sebulu, nah disitu masyarakatnya sudah aktif." kata Edi.




Untuk itu, kedepan Pemkab Kukar akan bangun dengan ekosistem seperti budidaya, ada pasarnya. Dimana konsep pertanian terintegrasi ini akan menguatkan lagi di 5 kawasan pertanian. Dimana terdapat pertanian sawahnya, ada hortikulturanya, ada peternakannya dan perikanan.

"Kalau bicara produktivitasnya, tadi ada beberapa konsep perbaikan teknologi. Tapi kita harus perbaiki dulu infrastruktur pertanainnya dan saat ini sedang dikerjakan. Sekarang kita fokus untuk hilirnya. Desa sudah membentuk Bumdes bersamanya supaya ekosistemnya berputar di Bumdes tersebut." tambahnya.


Edi mengungkapkan bahwa dalam dua minggu ke depan tim lagi survei ke lapangan di 5 kawasan itu, dan akan memadukan konsep pertanian terpadu. Karena Pemkab Kukar pertanian ini sudah ditetapkan fokus di RPJMD 2021-2026 yakni pembangunan pertanian berbasis kawasan. Maksudnya tidak lain adalah peningkatan produktivitas, pemguatan kelembagaannya, peningkatan SDM, dan penguatan permodalannya .

Karena cita-cita kukar adalah menjadi lumbung pangan di Kaltim. Pemerintah hadir dibantu akademisi untuk penguatan. Sehingga sektor pertanian yang selama ini terkelola secara tradisional sekarang mulai dibangun dengan modern. 



"Harapan kami kedepan pertanian di Kukar maju, masyarakat petani penghasilannya bertambah sehingga kondisinya lebih sejahtera." tandasnya (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #pertanian-maju-kukar #pertanian-terpadu-kukar #rpjmd-kukar 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler