Selasa, 07 Mei 2024 12:33 WIB

Advetorial

Desa Tanjung Batu di Kutai Kartanegara Jadi Desa Mandiri

Redaktur: Redaksi
| 222 views

Kantor Desa Tanjung Batu (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Desa Tanjung Batu yang berada di wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang, jadi salah satu dari 24 desa mandiri di Kutai Kartanegara (Kukar). Pencapain ini berhasil diraih setelah Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Batu menghadapi sejumlah tantangan dalam pembangunan infrastruktur dan pengembangan desa.

Salah satu upaya yang pihaknya Pemdes Tanjung Batu lakukan ialah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa. Mulai dari pelatihan kewirausahaan dan pengembangan ketahanan pangan.

Kepala Desa Tanjung Batu, Husniansyah mengaku, bahwa pihaknya juga sangat terbantu oleh program Kukar Idaman. Untuk membantu mengatasi persoalan dalam pengembangan desa.

"Selain itu, infrastruktur desa, seperti konektivitas jalan, juga telah ditingkatkan," ungkapnya, Jumat (13/10/2023).

Husniansyah menegaskan pentingnya perhatian dari pemerintah daerah dalam pengembangan infrastruktur, terutama dalam meningkatkan aksesibilitas jalan yang dapat mendukung potensi wisata di Desa Tanjung Batu.

Apalagi, Desa Tanjung Batu juga telah ditetapkan sebagai lokus pengembangan kawasan cadangan pangan strategis nasional. Pengembangan kawasan cadangan pangan strategis nasional di Desa Tanjung Batu tersebut dikelola langsung oleh masyarakat.

Dengan berkolaborasi bersama TNI melalui Kodim 0906/KKR, Pemkab Kukar, Pemerintah Desa Tanjung Batu, serta dukungan dari pelaku dunia usaha yang ada di Tenggarong Seberang.

Untuk memaksimalkan potensi pertanian di desa tersebut, setidaknya ada 460 hektare yang menjadi kawasan pengembangan cadangan pangan nasional.

Ratusan hektare lahan tersebut tak hanya menjadi persawahan padi. Ada pula tanaman hortikultura seperti jahe, cabai dan juga budidaya perikanan di kawasan tersebut. (*)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #desa-mandiri #infrastruktur-desa 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler