Sabtu, 18 Mei 2024 08:51 WIB

Advetorial

3 Situs Bersejarah di Jembayan Punya Potensi Mengundang Daya Tarik Wisata

Redaktur: Redaksi
| 165 views

Situs bersejarah di Desa Jembayan (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Pemerintah Desa Jemabayan Kecamatan Loa Kuku, berencana mengembangkan situs peninggalan sejarah yang terletak di Desa Jembayan agar lebih mengundang minta wisatawan.

Diketahui, terdapat tiga situs penuh situs bersejarah di Desa Jembayan. Yakni Makam Raja Kukar, Aji Pangeran Sinum Panji Mendapa, Makam Aulia Habib Abdurrahman bin Husin bin Yahya, dan bunker Jepang Peninggalan Perang Dunia II.

Sekretaris Desa Jembayan, Jamli, mengatakan. Pihaknya bakal mengelola ketiga situs sejarah tersebut untuk menarik minat wisatawan lokal maupun manca negara.

“Kami ingin menjadikan Desa Jembayan sebagai desa wisata yang memiliki nilai sejarah dan religi. Kami juga ingin melestarikan warisan budaya dan sejarah yang ada di desa kami,” ungkapnya.

Jamli juga menjelaskan bahwa, makam Raja Kutai Kartanegara, Aji Pangeran Sinum Panji Mendapa terletak di wilayah Rt 1 Desa Jembayan. Makam tersebut merupakan salah satu situs kerajaan tertua di Indonesia yang masih terawat.

Sementara itu, makam Aulia Habib Abdurrahman bin Husin bin Yahya terletak di wilayah RT 15 Desa Jembayan.
Makan ini, kata Jamli, merupakan makam seorang ulama besar yang dihormati oleh masyarakat setempat. Makam tersebut sering dikunjungi oleh peziarah dari berbagai daerah, baik siang maupun malam.

Selain dua situ sejarah itu, ada pula situs Bunker Jepang yang terletak di wilayah RT 15 Desa Jembayan. Bunker Jepang itu merupakan situs peninggalan Perang Dunia II yang masih asli, hanya saja belum terurus. Lokasi bunker Jepang itu tergolong strategis karena berada di ketinggian.

Jamli berharap agar situs ini dapat menjadi sarana edukasi sejarah bagi pelajar dan masyarakat di Kukar.
Ia juga berharap agar masyarakat setempat dapat merawat dan menjaga situs-situs sebagai aset yang harus diselamatkan.

“Semoga masyarakat kita mendukung program yang ingin kita bangun untuk mengembangkan wisata di Jembayan,” sambungnya.

Terakhir, ia mengatakan untuk mengembangkan tiga situs bersejarah ini. Pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #desa-jembayan #pariwisata 

Berita Terkait

IKLAN