Jumat, 03 Mei 2024 04:09 WIB

Advetorial

Kecamatan Muara Kaman Dukung Penuh Pembangunan Kawasan Pertanian Terintegrasi

Redaktur: Redaksi
| 166 views

Ilustrasi kawasan pertanian terintegrasi di Kecamatan Muara Kaman (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Pemerintah Kecamatan Mura Kaman, memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan kawasan Pertamina terintegrasi. Yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) dan bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM).

Dukungan ini disampaikan langsung oleh Camat Muara Kaman, Barkiang. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan, guna menyukseskan ambisi besar Pemkab Kukar sebagai lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh pihak Kecamatan adalah, dengan mempersiapka lahan pertanian dan Sumber Daya Manusi (SDM) pengelola pertanian. "Semua ini harus dikerjakan bersama-sama untuk menciptakan kawasan pertanian terintegrasi di Kukar," ungkapnya, Selasa (31/10/2023).

Diketahui, Pemkab Kukar menetapkan lima kawasan pertanian terintegrasi. diantaranya, Kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Sebulu, dan Marangkayu. Ia optimis, dengan dukungan dari berbagai pihak Kukar dapat menjadi lumbung pangan bagi Kaltim dan IKN.

"Kita akan manfaatkan sumber daya ini untuk mewujudkan visi luar biasa ini," tambahnya.

Barliang juga berharap, dengan ditetapkannya Muara Kaman sebagai percontohan kawasan pertanian terintegrasi dapat membawa dampak positif terhadap perekonomian petani yang ada.

"Semoga ini membawa dampak yang signifikan terhadap seluruh masyarakat Kecamatan Muara Kaman," tutupnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #kawasan-pertanian-terintegrasi #kedaulatan-pangan 

Berita Terkait

IKLAN