Kamis, 02 Mei 2024 05:43 WIB

Advetorial

Kelurahan Bukit Biru Turut Kawal Realisasi Program RTLH

Redaktur: Redaksi
| 82 views

Ilustrasi pelaksanaan program RTLH (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Kelurahan Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong terlibat aktif dalam menyukseskan pelaksanaan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang tengah digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar).

Di Kelurahan Bukit Biru sendiri, setidaknya akan ada 74 unit bangunan rumah yang akan dilakukan rehabilitasi. Perbaikan ini dilakukan dalam dua tahapan, tahap pertama menyasar 12 rumah yang tersebar di enam RT.

"Kalau untuk tahap kedua, ada sebanyak 62 rumah yang tersebar di 21 RT. Ini yang juga terus kita bantu," kata Kasi Sosial Kelurahan Bukit Biru, Awaluddin Afif, Senin (6/11/2023).

Ia menjelasakan, tahap kedua program RTLH masih dalam tahap pemberkasan. Namun akan direalisasikan pada tahun 2023 ini, dimana setiap rumah yang diperbaiki dengan anggaran senilai Rp50 juta.

"Perbaikannya seperti dinding, sekat kamar, lantai dan atap rumah. Pengerjaannya dilakukan oleh Babinsa dari Kodim 0906/KKR bersama warga," tuturnya.

Untuk diketahui, program ini dikerjakan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kukar yang bekerjasama dengan pihak Kodim 0906/KKR. Kelurahan sendiri mengambil peran untuk mendata warga yang membutuhkan bantuan perbaikan. 

"Jadi ada verifikasi, mulai dari dokumen kepemilikan, tingkat kerusakan dan masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," imbuhnya.

"Kalau untuk pengerjaannya, biasanya dibutuhkan satu sampai dua minggu untuk satu rumah, tergantung dari kondisi cuaca dan materialnya. Targetnya semua rumah yang ada di tahap dua ini bisa terealisasikan tahun ini juga," jelasnya.

Tentunya perbaikan rumah ini disambut antusias oleh masyarakat yang membutuhkan. Dikatakan oleh Afif bahwa masyarakat merasa senang dan bahagia lewat program pemerintah daerah dalam upaya mengentaskan kemiskinan ini. 

"Masyarakat sangat menyambut baik dan senang akan program yang dijalankan oleh pemerintah daerah tersebut," tutupnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #rtlh #perbaikan-rumah #dtks 

Berita Terkait

IKLAN