Jumat, 17 Mei 2024 09:58 WIB

Advetorial

Peran Pokdarwis Untuk Kembangkan Wisata Desa di Kukar

Redaktur: Redaksi
| 80 views

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Slamet Hadiraharjo (Istimewa)

Kukar, Afiliasi.net – Peran kelompok sadar wisata (Pokdarwis) khususnya di Kukar sangat penting. Pokdarwis dinilai dapat mengembangkan sektor pariwisata yang ada di setiap desa.

Kepala Dinas Pariwisata Kukar Slamet Hadiraharjo menyebutkan, sebanyak 52 pokdarwis di Kukar potensial membangkitkan pariwisata di masing-masing dssa, karena para anggotanya sudah terlatih dan lembaganya memiliki legalitas.

“Kami ingin membangkitkan pariwisata di Kukar melalui pokdarwis, karena mereka memang memiliki keterampilan sehingga harus kami rangkul,” ucap Slamet Hadiraharjo, Rabu (8/11/2023).

Ia mengatakan, pada pandemi Covid-19 lalu banyak sektor pariwisata yang terbengkalai, namun dengan adanya pokdarwis pariwisata tersebu bisa bangkit kembali, karena kreativitas dari pada pengelola wisata itu sendiri.

Sementara dukungan pemerintah daerah terhadap pokdarwis salah satunya ialah, dengan melakukan pembinaan sehingga keberadaannya secara otomatis mampu mendorong pelaku ekonomi masyarakat.

"Kami juga memberikan bantuan barang dan modal, untuk meningkatkan peran pokdarwis dalam mengembangkan sektor pariwisata," katanya.


Bantuan tersebut diberikan tujuannya untuk mengembangkan wisata, dan bisa dimanfaatkan dalam peningkatan perekonomian masyarakat.

"Ini bagian upaya kita dalam meningkatkan ekonomi masyarakat," ungkapnya.

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #slamet-hadiraharjo #pokdarwis #parwiwisata 

Berita Terkait

IKLAN