Selasa, 30 April 2024 01:54 WIB

Advetorial

Pasar Palaran Diakui Sebagai Pasar Rakyat Berstandar SNI

Redaktur: Redaksi
| 46 views

Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi usai menerima Penghargaan Pasar Rakyat Ber-SNI dari Kementerian Perdagangan RI. (Sumber: Diskominfo Samarinda)

Samarinda, Afiliasi.net - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda di bawah kepemimpinan Andi Harun-Rusmadi. Di penghujung tahun 2023 ini, Kementerian Perdagangan RI menobatkan Pasar Palaran sebagai Pasar Rakyat ber-SNI, pada malam anugerah yang berlangsung di Hotel Pullman Bandung Grand Central, Jl. Diponegoro No.27 Kota Bandung, Kamis (10/11/2023).

Penghargaan berupa piagam tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan kepada deretan kepala daerah berprestasi dalam acara Penganugerahan Penghargaan Perlindungan Konsumen Kementerian RI 2023.
Wakil Wali Kota Rusmadi yang saat itu hadir menerima langsung penghargaan tersebut dan menyampaikan rasa syukur atas raihan prestasi membanggakan ini. Ia mengatakan, Pasar Palaran dan pasar rakyat di Samarinda secara keseluruhan telah mencapai standar Standar Nasional Indonesia (SNI) dan menjadi tempat belanja yang tertib ukur.

"Alhamdulillah, kita patut bersyukur atas penghargaan ini, artinya pasar-pasar rakyat di Samarinda sudah menuju standar SNI dan pasar tertib ukur sehingga bisa menjamin konsumen dan masyarakat bisa lebih tenang dan aman, nyaman dalam belanja di pasar," kata Wawali Rusmadi.

Untuk diketahui, Pasar Palaran mendapatkan sertifikat sebagai pasar Rakyat yang ber-SNI dari Mendag RI. Selain itu, penghargaan nasional sebagai pasar tertib ukur juga diterima oleh Pasar Merdeka, Pasar Baqa, Pasar Loa Buah, Pasar Berkat Loa Janan, dan Pasar Graha Indah.

Tak lupa, Rusmadi juga memberikan apresiasi kepada Dinas Perdagangan (Disdag) Samarinda atas kinerjanya yang mengantarkan Kota Samarinda meraih prestasi ini.

Ia berharap, prestasi dapat dijadikan motivasi agar pasar-pasar di Samarinda ke depannya lebih tertib ukur, sementara Disdag terus melakukan pembinaan dan pengawasan rutin di pasar yang menjadi fokus Pemerintah.

Penghargaan Pasar Rakyat Ber-SNI juga diberikan kepada empat kabupaten/kota lainnya, yaitu Kabupaten Malang, Kota Semarang, Kota Bandarlampung, dan Kota Pare Pare.

Pada kesempatan ini, Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, mengungkapkan semakin banyaknya pasar yang mematuhi standar SNI, menjadi pertanda bahwa pelayanan bagi konsumen juga semakin baik.

Ia pun mendorong pemerintah daerah untuk bersama-sama dengan pengusaha melakukan perbaikan pada kondisi pasar, mulai dari penerapan SNI hingga tertib ukur, untuk memperkuat posisi Indonesia di pasar dunia. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-samarinda #rusmadi #pasar-bersertifikat-sni 

Berita Terkait

IKLAN