Minggu, 05 Mei 2024 11:20 WIB

Advetorial

Pariwisata Jadi Prioritas Pembangunan Kukar, Dispar Siapkan Tiga Wilayah Unggulan

Redaktur: Redaksi
| 42 views

Pesisir Menjadi Salah Satu Wilayah Yang Dikembangkan Potensi Pariwisatanya (Istimewa)

 

TENGGARONG, Afiliasi.net - Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, termasuk di bidang pariwisata. Daerah ini menawarkan berbagai macam destinasi wisata yang tersebar di tiga wilayah, yaitu hulu, tengah, dan pesisir. 

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Slamet Hadiraharjo, mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya mengembangkan potensi pariwisata di tiga wilayah tersebut, sesuai dengan visi misi Bupati Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi Solihin.

“Kita bersyukur Kukar diberi anugerah oleh Allah SWT berupa sumber daya alam yang luar biasa. Salah satunya adalah pariwisata yang variatif di tiga wilayah,” kata Slamet, Jumat (17/11/2023).

Menurut Slamet, pengembangan pariwisata di Kukar sejalan dengan arah kebijakan pemerintah daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Dalam dokumen tersebut, pariwisata masuk dalam visi ketiga, yaitu penguatan pembangunan, pertanian, wisata, dan ekonomi kreatif.

“Selain itu, dalam program dedikasi Bupati dan Wakil Bupati juga ada pariwisata, yaitu program ketiga Kukar Daya Festival dan program kelima Kukar Kreatif Idaman. Ini menunjukkan ada perubahan paradigma dari APBD yang sebelumnya bergantung pada sumber daya alam seperti migas dan batu bara dan lainnya, menjadi beralih ke sumber daya alam yang diperbarui, salah satunya pariwisata,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah, sektor pariwisata di Kukar dapat berkembang lebih baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Ia juga mengajak seluruh stakeholder terkait untuk bersinergi dalam mempromosikan dan meningkatkan kualitas destinasi wisata di Kukar.

“Kita berharap dengan adanya dukungan ini, kita bisa lebih baik lagi dalam mengembangkan pariwisata di Kukar. Kita juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun pariwisata di Kukar, baik itu pemerintah, swasta, komunitas, media, dan masyarakat. Kita harus bersatu untuk menjadikan Kukar sebagai daerah idaman pariwisata,” pungkasnya.(Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #hulu #tengah #pesisir #ekonomi-kreatif #kukar #edi-damansyah #rendi-solihin 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler