Selasa, 07 Mei 2024 08:24 WIB

Advetorial

Makna di Balik Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2023

Redaktur: Redaksi
| 58 views

Acara Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2023 (Istimewa)

 

TENGGARONG, Afiliasi.net - Grand final pemilihan teruna dara dan putri pariwisata se-Kutai Kartanegara (Kukar) 2023 berlangsung meriah di halaman kantor bupat. Acara ini digagas oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar bekerja sama dengan Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kukar.

Ketua Adwindo Kukar, Catur Sefti Nanda Palinggi, mengatakan bahwa hasil siapa yang mendapat gelar pada malam itu sudah melalui proses yang panjang.

“Jadi tidak hanya dinilai saat mereka naik di atas panggung, bagi kami pribadi dan bagi organisasi, 24 finalis ini adalah pemuda pemudi terbaik Kukar. Jadi 24 orang ini akan berjalan bersama-sama untuk menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Catur, Sabtu (18/11/2023).

Ia juga menyampaikan bahwa tema yang diangkat pada pemilihan teruna dara dan putri pariwisata Kukar tahun ini adalah asmara nala tua himba dengan semangat sinergi untuk tanah yang lestari. 

“Kita terinspirasi dari logo IKN Nusantara, jika IKN itu mengangkat pohon hayat kita mengangkat pohon setia raja yang dimiliki oleh kabupaten Kukar,” katanya.

Menurutnya, pohon setia raja memiliki makna yang mendalam bagi Kukar. “Jadi singkat penjelasannya dulu presiden Sukarno itu membawa pohon hayat logo IKN itu ke Arab Saudi sebagai diplomasi dimana dikenal dengan diplomasi sebatang pohon, melalui sebatang pohon ini presiden Sukarno itu ingin memberitahu bahwa untuk menjadi manusia hendaklah kita menjadi manusia yang bermanfaat untuk kehidupan yang berkelanjutan.,” tuturnya.

Ia berharap 24 finalis teruna dara pada malam ini mampu menjadi insan pribadi generasi muda yang bermanfaat bagi masyarakat secara berkelanjutan sehingga mereka bisa menginspirasi seumur hidup.

Pada malam itu, terpilihlah Deva Ananda dan Gita Indriani berhasil menyandang gelar Teruna Dara Kukar 2023, sementara Shafira Azhari dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Kukar 2023. sebagai teruna dara dan putri pariwisata Kukar 2023. Mereka berhak mewakili Kukar di ajang pemilihan teruna dara dan putri pariwisata tingkat provinsi yang akan digelar tahun depan.(Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #pemilihan-teruna-dara-dan-putri-pariwisata-kukar #2023 #adwindo-kukar #edi-damansyah #rendi-solihin 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler