Jumat, 03 Mei 2024 02:13 WIB

Advetorial

Festival Tari Pedalaman Kukar, Daya Tarik Wisatawan di Ujung Wilayah

Redaktur: Redaksi
| 43 views

Festival Tari Pedalaman garapan Dispar Kukar di Desa Perdana, Kembang Janggut. (istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Festival Tari Pedalaman yang digelar oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) di Desa Perdana, Kecamatan Kembang Janggut berlangsung meriah. Kegiatan ini dihadiri oleh para Kepala Desa se-Kecamatan Kembang Janggut pada Rabu, 22 November 2023.

Festival ini merupakan bagian dari program dedikasi Pemerintah Kabupaten Kukar yaitu Kukar Kaya Festival (K3F) yang bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata di wilayah tersebut. Salah satu standar yang ditetapkan adalah waktu pelaksanaan yang tetap atau pasti setiap tahunnya, pelaksana atau penanggung jawabnya juga tetap, dan durasi festival selama tiga sampai lima hari.

Kabid Pemasaran Dispar Kukar, Triyatma mengatakan, potensi wisata di Kecamatan Kembang Janggut sangat besar, terutama keindahan alam dan budayanya.

“Tinggal kita olah menjadi sebuah daya tarik agar bisa dikunjungi oleh wisatawan. Kita mendorong agar inisiatif itu datang dan tumbuh dari masyarakat karena akan lebih bertahan kelangsungannya dibandingkan yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara,” katanya.

Triyatma menambahkan, untuk menarik wisatawan, perlu ditunjang dengan penginapan atau homestay, destinasi wisata di sekitar Desa Perdana, dan produk ekonomi kreatif subsektor kriya berupa souvenir atau cenderamata maupun kuliner khas.

“Juga perlu kerjasama antar desa guna paket terpadu untuk wisatawan yang datang ke festival seperti ini,” jelasnya.

Triyatma juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Desa Perdana dan masyarakat Kembang Janggut secara umum yang menunjukkan kebersamaan yang luar biasa karena terselenggaranya festival ini.

“Saya juga mengingatkan untuk melibatkan komunitas pada pelaksanaan festival seperti ini. Pasti akan sangat membantu baik di sisi konten, promosi, dan terima kasih kepada komunitas yang sudah secara sukarela mendampingi festival seperti ini sekalipun di ujung wilayah Kukar. Untuk itu, kepada seluruh elemen masyarakat, mari kita secara bersama-sama agar menjadikan festival ini sebagai salah satu festival unggulan di Kecamatan Kembang Janggut dan di Kabupaten Kukar umumnya,” pungkasnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #pariwisata-kukar #ekonomi-kreatif #ekraf #festival-tari-pedalaman #kembang-janggut #triyatma 

Berita Terkait

IKLAN