Jumat, 03 Mei 2024 04:24 WIB

Advetorial

Wisata Agro dan Taman Loa Duri Ilir, Dukung Kemandirian Ekonomi Kreatif

Redaktur: Redaksi
| 44 views

Wisata Loa Duri Ilir. (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Desa Loa Duri Ilir, Kabupaten Kutai Kartanegara, memiliki potensi wisata yang menarik. Selain wisata alam berupa taman dan kolam renang, desa ini juga mengembangkan wisata agro yang memanfaatkan lahan kosong sebagai tempat bercocok tanam.

Kepala Desa Loa Duri Ilir, Fakhri Rasyad, mengatakan bahwa pengembangan sektor wisata merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap kemandirian ekonomi kreatif pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan badan usaha milik desa (BUMDes) di desanya.

Menurutnya, dana desa yang diterima oleh desanya telah dialokasikan ke beberapa sektor, termasuk sektor pariwisata. “Pariwisata yang kita bangun cukup mendatangkan pengunjung. Ada wisata agro dan wisata yang sedang renovasi ini, yakni Taman Loa Duri Ilir,” ujarnya, Kamis (23/11/2023).

Fakhri menjelaskan bahwa renovasi yang dilakukan berupa pelebaran dan perbaikan keamanan wisata yang terletak di pinggir bukit. Wisata ini menawarkan wahana rekreasi seperti flaying fox dan kolam renang. Selain itu, ada juga agro wisata yang menampilkan budi daya salak pondok, jambu kristal, dan kolam pemancingan.

“Alhamdulillah sejauh ini kas untuk BUMDes sendiri sudah mencukupi dari pengelolaan wisata. Ini tentunya dana yang didapatkan akan dikelola kembali, seperti pelebaran wahana atau perbaikan jalan yang rusak,” tuturnya.

Fakhri menambahkan bahwa pengelolaan wisata agro dilakukan secara substantif sebagai bentuk pengembangan ekonomi kreatif. Ia mengaku terinspirasi oleh daerah lain yang bisa memanfaatkan lahan kosong sebagai tempat rekreasi.

Wisata ini dikelola secara mandiri oleh pemerintah desa. Adapun bantuan dari pihak ketiga hanya bersifat insidentil, seperti pengerukan sampah yang menggunakan alat berat.

“Harapannya semoga renovasi bisa selesai secepatnya, karena antusias masyarakat terhadap wisata lokal sangat baik,” pungkasnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #pariwisata-kukar #wisata-agro #loa-duri-ilir #ekonomi-kreatif #ekraf #desa-wisata #desa-loa-duri-ilir 

Berita Terkait

IKLAN