Kamis, 02 Mei 2024 12:55 WIB

Advetorial

Dwie: Teruna Dara Kukar Promosikan Pariwisata dan Ekraf Lokal

Redaktur: Redaksi
| 45 views

Duta Wisata Kutai Kartanegara tahun 2010, Dwie Arum Maynina. (istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Duta Wisata Kutai Kartanegara (Kukar) tahun 2010, Dwie Arum Maynina, mengungkapkan bahwa Teruna Dara Kukar memiliki peran penting dalam pengembangan pariwisata daerah. Mereka tidak hanya menjadi duta budaya, tetapi juga aktif mempromosikan destinasi wisata dan ekonomi kreatif (ekraf) lokal.

“Ada program dari Teruna Dara untuk mengunjungi objek-objek wisata khususnya di Tenggarong dan juga kecamatan-kecamatan lain di Kukar. Mereka juga memposting di sosial media dan mem viralkan tempat-tempat wisata itu, agar menarik wisatawan lokal maupun mancanegara,” kata Dwie, Jumat (24/11/2023).

Salah satu objek wisata yang menjadi andalan Kukar adalah Museum Mulawarman, yang merupakan bekas istana Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Museum ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah dan budaya, seperti keris, mahkota, pakaian adat, dan prasasti.

“Ada beberapa Teruna Dara yang sudah bersertifikat Himpunan Penerjemah Indonesia, yang bisa menjadi tour gate atau pemandu wisata. Mereka bisa menerjemahkan informasi tentang Museum Mulawarman dan kesultanan kita ke bahasa asing. Kemarin ada yang menemani wisatawan dari Jerman,” ujarnya.

Selain pariwisata, Teruna Dara juga membantu mempromosikan ekraf lokal, khususnya subsektor kuliner. Mereka menampilkan berbagai kuliner khas Kukar, mereka juga mengajak masyarakat untuk mengonsumsi produk lokal.

“Kami gencar-gencarnya daripada harus membeli barang luar mending beli barang kita aja. Misalnya, ada kerajinan tangan dari rotan, bambu, atau kayu. Ada juga batik Kukar yang motifnya mengambil dari lambang kesultanan dan flora fauna daerah,” tuturnya.

Dwie berharap, dengan adanya Teruna Dara, pariwisata dan ekraf Kukar bisa semakin berkembang dan dikenal luas. Ia juga mengapresiasi pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan dan fasilitas kepada Teruna Dara.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah yang sudah memberikan kami pelatihan, bimbingan, dan sarana prasarana. Kami juga berharap ada kerjasama yang baik antara Teruna Dara, pemerintah, dan pelaku usaha pariwisata dan ekraf,” pungkasnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kukar #teruna-dara-kukar #pariwisata-kukar #ekonomi-kreatif #ekraf 

Berita Terkait

IKLAN