Rabu, 15 Mei 2024 02:16 WIB

Manca

Konsep Foto Gotong Mayat Jadi Kontroversi, Zara Tuai Kritikan Pedas dari Warganet

Redaktur: Redaksi
| 158 views

Konsep Foto Zara Menuai Amarah Warganet (Doc. Zara)

Afiliasi.net - Salah satu merek fesyen global, Zara, tuai komentar negatif setelah merilis foto katalog terbaru mereka. Pasalnya, pada koleksi foto yang berjudul "ZARA Atelier Collection 04" terdapat foto yang dianggap mengejek krisis kemanusiaan di Palestina.

Perusahaan fesyen tersebut menggunakan manekin yang terbungkus dalam kain putih sebagai salah satu properti mereka dalam foto-foto koleksi terbaru mereka. Patung yang terbungkus itu seolah menyerupai mayat yang telah dikafani.

Tidak hanya itu, konsep dari foto tersebut menggunakan setting menyerupai reruntuhan sebuah gedung dan properti patung dengan anggota tubuh yang hilang.

Meskipun foto yang dianggap mengejek kondisi warga Palestina itu telah dihapus dari laman resmi dan media sosial Zara, warganet masih membombardir perusahaan ritel tersebut dengan komentar-komentar pedas. Seruan-seruan boikot juga ditujukan warganet kepada perusahaan tersebut.

"Bahkan ini tidak terlihat bagus, artistik, atau modis. Jelas-jelas ini adalah sebuah adegan untuk agenda keji Anda (ZARA) untuk mengejek, menormalisasi, atau menjadikan genosida sebagai tren.mode. Kami tidak akan membeli produk ZARA lagi. Jutaan Muslim di seluruh dunia akan memboikot dan selamat tinggal ZARA," kritik pengguna Instagram di akun resmi Zara, dikutip pada Senin (11/12/2023).

Dapat dilihat juga kritikan, emoji bendera Palestina, tagar Free Palestine, dan seruan "BOIKOT ZARA!" pun membanjiri kolom komentar akun Instagram ZARA, bahkan hingga pada unggahan November lalu.

Sampai saat ini, Zara masih belum memberikan klarifikasi resminya terhadap foto pada koleksi tersebut. 

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kontroversi #warganet-serang-zara 

Berita Terkait

IKLAN