Senin, 29 April 2024 06:46 WIB

Tekno

Pengaruh AI dalam Kehidupan Manusia, PHK Jadi Salah Satu Dampaknya

Redaktur: Redaksi
| 49 views

AI (Forbes)

Afiliasi.net - Dampak dari munculnya Artificial Intelligience (AI) semakin menyeruak dalam kehidupan manusia. Selain memudahkan pekerjaan sehari-hari, AI juga memberi dampak yang cukup merugikan sebagian pihak.

Salah satu dampak yang harus diterima yaitu pemberhentian hubungan kerja (PHK). Dengan adanya kemudahan dari AI, banyak pekerjaan manusia yang konvensional harus tersingkirkan.

Sebuah perusahaan besar Google baru-baru ini dikabarkan telah melakukan PHK kepada sejumlah karyawan salesnya. Diduga, alasan dari pemberhentian itu disebabkan perusahaan besar itu tengah mengembangkan teknologi Ai terbarunya.

Sebelumnya, pada 10 Januari 2024 lalu, Google disebut-sebut melakukan PHK besar-besaran pada 1.000 karyawannya. Ini merupakan gelombang kedua setelah pemutusan kerja di awal tahun tersebut.

Menurut laporan Business Insider, karyawan Google dari divisi sales yang terdampak PHK ini mencakup seluruh kantor perusahaannya. Pemutusan kerjasama ini datang dalam memo yang ditulis oleh wakil presiden senior Google, Philip Schindler.

Philip Schindler menyebut alasan PHK akibat adanya sebuah restrukturisasi perusahaan. Ditambah, Google belum lama ini dipercaya sedang fokus pada pengembangan teknologi AI.

Philip Schindler mengaku jika alasan PHK terkait dengan penyesuaian pada pelanggan dan lingkungan pasar perusahaan tersebut. Google dipercaya akan mengganti kinerja sales dengan teknologi AI guna performa yang lebih maksimal.

Google sebelumnya menyebut bahwa alasan PHK ini karena perusahaan sedang fokus pada produksi teknologi AI. Hal ini sebagai usaha perusahaan untuk mengikuti pengembangan inovasi yang sedang tumbuh pesat ini.

Editor: Siti Mu'ayyadah 


TOPIK BERITA TERKAIT: #ai #kemajuan-teknologi #dampak-kemajuan-teknologi #phk 

Berita Terkait

IKLAN