Senin, 29 April 2024 03:08 WIB

Tekno

Pertama Dalam Sejarah Manusia, Elon Musk Berhasil Tanamkan Chip di Otak Manusia

Redaktur: Redaksi
| 60 views

Elon Musk (AFP)

Afiliasi.net - Perusahaan Neuralink milik Elon Musk berhasil menggores sejarah baru dalam dunia teknologi manusia. Pemiliknya menyebutkan bahwa mereka telah berhasil menanam sebuah chip ke dalam otak manusia.

Diketahui bahwa pemilik Tesla itu memang memiliki rencana untuk menanamkan sebuah chip ke dalam organ lunak manusia itu. Penanaman chip dilakukan terhadap otak manusia yang mengalami kelumpuhan. Prosesor yang dipadukan dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) itu bertujuan agar sang pasien bisa kembali bergerak.

Ternyata penelitian dari Neuralink tersebut membuahkan hasil. Elon Musk mengklaim bahwa perusahaannya telah berhasil menanam chip ke dalam otak manusia.

"Manusia pertama menerima implan dari @Neuralink kemarin dan dalam masa pemulihan dengan baik," kata Elon Musk lewat akun X alias Twitter, dikutip dari Tech Times, Selasa (30/1/2024).

Meskipun demikian, pemilik aplikasi X itu tidak memberitahu identitas dari penerima chip tersebut. 

Pemilik Elon Musk juga menjelaskan bahwa hasil awal uji coba tersebut menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan. Saat ini pasien tengah dalam masa pemulihan dengan hasil yang baik. 

Meskipun terdengar seakan menjadi solusi yang baru bagi kelainan pada manusia. Rupanya penelitian ini memiliki kontroversi tersendiri.

Aktivitas Neuralink milik Elon Musk ini sempat menuai kontroversi. Banyak ahli yang menyebut kalau pekerjaan itu terlalu berisiko dan meminta untuk dihentikan.

Di uji coba sebelumnya, Neuralink pernah menanamkan chip tersebut ke monyet. Sayang monyet itu mati di laboratorium mereka.

Editor: Siti Mu'ayyadah 

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #elon-musk #neuralink #teknologi #ai 

Berita Terkait

IKLAN