Minggu, 05 Mei 2024 08:01 WIB

Advetorial

Relokasi Pedagang Pasar Tangga Arung ke Pasar Sementara di Kelurahan Sukarame Mulai Berjalan

Redaktur: Redaksi
| 22 views

Susana pedagang yang mulai mendatangi lapak barunya di Eks Lapangan Pemuda, Kelurahan Sukarame (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Relokasi Pedagang Pasar Tangga Arung, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara ke Pasar Sementara Eks Lapangan Pemuda, Kelurahan Sukarame, sudah muli dilakukan.

Relokasi ini dilakukan setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar rampung melakukan sosialisasi dan pengundian lapak pedagang yang dilaksanakan lada, Jumat (1/3/2024) lalu.

Sesuai kesepakatan rapat koordinasi yang dilakuakn oleh Pemkab bersama sejumlah pihak, termasuk Forun Pedagang Kaki Lima dan Pasar (FPKLP) beberapa waktu lalu. Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono menegaskan, relokasi pedagang pada tahap awal akan memindahkan 368 dari 703 pedagang.

"Relokasi memang dilaksanakan secara bertahap untuk seluruh pedagang di Pasar Tangga Arung. Termasuk untuk perpindahan yang sudah dimulai sejak hari Minggu (3/3/2024) kemarin,” Rabu (6/3/2024).

Sunggono menargetkan, relokasi pedagang akan rampung pada 10 Maret mendatang. Ia juga mengatakan, Pemkab Kukar akan mengerahkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membantu proses mobilisasi pedagang. Perpindahan pedagang ini akan dilakukan sesuai komoditas jualan. Ia juga berharap relokasi ini berjalan dengan tertib tanpa menimbulkan gesekan antar pedagang.

"Sisanya akan kita bicarakan lagi, sekarang kan Pasar Mangkurawang 2 sudah kita perbaiki, dan rencananya sisanya dipindah ke sana," tambahnya.

Untuk menepis kekhawatiran pedagang, yang merasa omsetnya akan anjlok jika pasar dipindah sebelum Lebaran. Sunghono mengatakan pihaknya telah terlebih dahulu mendoskusikan hal tersebut dengan berbagai pihak. Bahkan, Pemkab Kukar akan menggartiskan biaya lapak para pedagang, termasuk biaya listrik dan air.

"Untuk itu, pemerintah daerah sesuai dengan instruksi Bupati Kukar, Edi Damansyah memerintahkan untuk menggratiskan biaya listrik, air dan sewa. Minimal selama 6 bulan ke depan, hanya untuk masalah kebersihan ini bisa mereka kelola sendiri," terangnya.

Sementara itu, di lokasi pasar sementara, para pedagang sudah terlihat mulai mendatangai lapak barunya. Namun mayoritas dari mereka masih belum membawa barang dagangannya.

"Ini kita masih lakuakn beberapa perbaikan sebelum pindah, kan kita perlu siap-siap dulu sebelum pindah. Relokasinya juga kan paling lambat tanggal 8 Maret, jadi masih ada waktu," kata Maki salah seorang pedagang. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #relokasi-pedagang #pasar-tangga-arung #pasar-sementara #bantuan-opd 

Berita Terkait

IKLAN