Minggu, 05 Mei 2024 07:45 WIB

Advetorial

Untuk Pengamanan Pilkada Pemkab Kukar Hibahkan Dana Sebesar Rp12 Miliar

Redaktur: Redaksi
| 11 views

Suasana penandatangan NPHD yang dilakukan oleh BUPATI kukar bersama dengan TNI Polri (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) bersama dengan TNI dan Polri, melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Senilai Rp12 miliar. Dana bibah ini dialokasikan untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kukar.

Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah bersama Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman, Kapolres Bontang AKBP Alex Frestian Lumban Tobing, Dandim 0906/KKR Letkol Czi Damai Adi Setiawan dan Dandim 0908/Bontang Letkol Inf Aryo Bagus Daryanto.

Penandatanganan ini juga turut dihadiri oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono dan Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar, Rinda Desianti. Dilaksanakan di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar, benerapa waktu lalu.

Dalam kesempatan ini, Edi Damansyah meminta maaf karena penandatangana NHPD ini sedikit terlamanat. Karena selama ini seluruh pihak termasuk Pemerintah Kanupaten (Pemkab) Kukar, fokus mengawal proses pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) seentak.

Edi juga menyampaikan, pihaknya terlebih dahulu ingin memastikan anggaran untuk pengamanan Pilkada 2024 di Kukar telah tersedia di bendahara umum daerah “Nanti Bendahara umum daerah pastikan dulu duitnya ada atau tidak, jangan sampai nanti sudah rame di medsos, ternyata duitnya tak ada,” guraunya.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti merincikan besaran anggaran yang dikucurkan untuk pemgamana Pilkada mencapai Rp12 miliar rupiah. Dialokasikan untuk Polres Kukar sebesar Rp8,1 miliar, Polres Bontang sebesar Rp1,2 miliar, Kodim 0906/KKR sebesar Rp2 miliar dan Kodim 0908 Bontang sebesar Rp624 juta.

“Pembiayaan bersumber pada anggaran Hibah Pengamanan Pemilihan Serentak Tahun 2024 dan bersumber dari Anggaran Pemdapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kukar Tahun Anggaran 2024,” pungkas Rinda. (ADV)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #pilkada-kukar #apbd #pengamanan-pilkada 

Berita Terkait

IKLAN