Rabu, 19 Juni 2024 08:45 WIB

Kuliner

Manfaat Daun Kelor untuk Kencantikan, Begini Cara Menggunakannya!

Redaktur: Redaksi
| 440 views

Ilustrasi. (Sumber: Internet)

Afiliasi.net - Daun kelor memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita, tak terkecuali bagi kulit wajah. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun kelor, seperti vitamin C dan beta-karoten, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan penuaan dini.

Ekstrak daun kelor juga mengandung efek antiinflamasi dan antimikroba, yang membantu mengatasi jerawat. Tak hanya itu, daun kelor juga mengandung vitamin E yang membantu memperbaiki jaringan kulit, menjaga kelembapan, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Berikut adalah beberapa manfaat daun kelor untuk wajah;

Mencerahkan kulit

Daun kelor mengandung vitamin C dan E yang merupakan antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit. Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yaitu protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitasnya.

Mencegah penuaan dini

Antioksidan dalam daun kelor juga dapat membantu mencegah penuaan dini. Penuaan dini disebabkan oleh radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Antioksidan dalam daun kelor dapat membantu menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel kulit.

Mengatasi jerawat

Daun kelor memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu melawan kuman penyebab jerawat. Selain itu, kandungan antioksidan dalam daun kelor juga dapat membantu mengurangi peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat.

Memudarkan bekas jerawat

Daun kelor juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Bekas jerawat disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan. Daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menghambat produksi melanin dan memudarkan bekas jerawat.

Mencegah kulit kering

Daun kelor mengandung vitamin A dan C yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Vitamin A juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk mengaplikasikan daun kelor ke wajah ialah dengan membuat masker daun kelor. Cara membuat masker daun kelor adalah sebagai berikut:

  1. Cuci bersih 10-15 lembar daun kelor dan rebus selama 10 menit.
  2. Setelah dingin, blender atau tumbuk daun kelor hingga halus.
  3. Tambahkan air hingga teksturnya sesuai dengan keinginan.
  4. Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit.
  5. Bilas wajah dengan air bersih.

Nah, itulah dia manfaat daun kelor bagi wajah dan cara menggunakannya! (*)

Editor: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #tips-merawat-kulit #manfaat-daun-kelor #cantik-alami 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler