Minggu, 05 Mei 2024 05:43 WIB

Advetorial

Sejumlah Poktan di Kukar Segera Terima Bantuan Alat Pengolahan Gabah Dari Diketapang

Redaktur: Redaksi
| 19 views

Kepala Disketapang Kukar, Sutikno (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Sejumlah Kelompok Tani (Poktan) di Kutai Kartanegara (Kukar) akan menerima banguan berupa infrastukut pengolah gabah lengkap, dari Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kukar. Alokasi anggaran yang dikucurkan untuk program ini mencapai Rp 6 miliar lebih.

Kepala Disketapang Kukar, Sutikno mengatakan, bantuan yang diserahkan terdiri dari lumbung, laintai jemur hingga Rice Milling Unit (RMU) atau penggilingan padi. Dan, akan disebar di 8 desa yang ada di 8 Kecamatan.

“Total alokasi yang dianggarkan sekitar Rp 6 miliar, terdiri dari lumbung pangan Rp 3,6 miliar, dan lantai jemur Rp 2,6 miliar yang didalamnya termasuk RMU Rp 470 juta,” terangnya, Jumat (15/3/2024).

Menurut Sutikno, program ini sangat diperlukan oleh para petani di Kutai Kartanegara. Sebab, selama ini petani di Kukar kerap mengalami kendala pasca panen. Salah satunya asalah terbatasnya tempat penjemuran padi.


Berdasarkan pantauannya di lapangan. Masih banyak ditemukan padi yang dijemur di jalan, khususnya daerah pedesaan. Akibatnya, dapat menimbulkan terjadinya penurunan kualitas padi dan bisa hancur pada saat digiling.

“Solusinya harus dianggarkan lantai jemur. Untuk perubahan 2024 atau pada 2025 mendatang, akan dianggarkan lagi sekitar Rp 30 miliar, karena itu sangat penting,” tambahnya.

Kemudian, Sutikno merincikan bantuan yang akan segera diberikan di 8 desa tadi desa mencakup lumbung pangan sebanyak 3 unit, lantai jemur 6 unit dan 2 RMU. ia mengatakan bantuan berupa lumbung pangan akan diberikan di Desa Loa Duri Ulu Loa Janan.

Sedangkan lantai jemur akan disalurkan di Desa Mulawarman Tenggarong Seberang, Desa Sebuntal Marangkayu, Handil Terusan Anggana, Sumber Sari Loa Kulu, dan Kelurahan Sungai Merdeka Samboja Barat.

Sementara, Desa Beringin Agung Samboja akan memperoleh bantuan lumbung pangan dan RMU. Sedangkan Desa Sidomulyo Kecamatan Tabang mendapatkan fasilitas lengkap, mulai lantai jemur, RMU dan lumbung pangan.

“Banguan ini diberikan berdasarkan proposal atau permintaan yang kemudian ditindaklanjuti,” tutupnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #petani #kelompok-tani #lumbung #infrastruktur-pengolah-gabah #bantuan-pemerintah #rice-milling-unit 

Berita Terkait

IKLAN