Jumat, 03 Mei 2024 12:09 WIB

Advetorial

Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah 8 Objek Wisata di Kukar Segera Dibenahi

Redaktur: Redaksi
| 8 views

Planetarium Tenggarong yang merupakan salah satu objek wisata yang akan segera dipercantik (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar merencanakan pengembangan terhadap delapan destinasi wisata. Mulaid dari Waduk Panji Sukarame, Planetarium Tenggarong, hingga Pulau Kumala akan dipoles agar lebih menarik.

Tempat-tempat unik lain seperti kawasan rekreasi Temanggungan, spot memancing yang seru, monumen Tugu Equator yang ikonik, Pantai Tanah Merah yang indah, dan daerah Pengempang yang asri juga akan ditingkatkan fasilitasnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, Ridha Fatrianta, mengatakan selain menarik wisatawan, pengembangan objek wisata juga untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dari delapan objek wisata, baru tiga yang menghasilkan pemasukan bagi daerah, yaitu Waduk Panji, Pulau Kumala di Kecamatan Tenggarong, dan Pantai Tanah Merah di Samboja.

"Oleh karena itu, kami akan melakukan pembenahan di semua objek wisata yang ada. Tujuannya adalah untuk menarik kunjungan wisatawan ke Kukar dan meningkatkan PAD untuk Kukar," kata Ridha, Selasa (19/3/2024).

Selain pembenahan, Dispar juga gencar mempromosikan objek wisata di Kutai Kartanegara.

Dengan promosi yang intens, diharapkan jumlah wisatawan akan meningkat, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sekaligus menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat.

"Kami berharap bahwa pengembangan objek wisata ini akan memberikan dorongan positif bagi pariwisata di Kukar serta membantu perkembangan ekonomi masyarakat," tutupnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #objek-wisata #pengembangan-wisata #pemberdayaan-masyarakat #ekonomi 

Berita Terkait

IKLAN