Jumat, 03 Mei 2024 01:01 WIB

Advetorial

Dengan Hadirnya Sumur Bor Bertenaga Surya, Desa Sumber Sari Makin Mantap Jadi Lumbung Pangan Bagi Kukar

Redaktur: Redaksi
| 28 views

Kepala Desa Sumber Sari, Sutarno (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net – Program TNI Manunggal Air Bersih (TMAB) besutan Kodim 0906/KKR yang berkolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Telah tuntas membangun satu titik sunur bor bertenaga surya di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu.

Tak pelak, kehadiran sumur bor ini pun disambut penuh syukur oleh petani setempat. Kini mereka tidak perluemusingkan lagi persoalan kekeringan yang kerap mengancam sawah mereka saat musim kemaru.

Pasalnya, sumur bor yang dilengkapi dengan panel surya ini mampu mengucurkan air dengan deras meski ditengah musim kemarau. Bahkan pentani tak perlu mengeluarkan biaya tambahan, karena sumur bor ini diperasikan dengan listrik bertenaga matahari.

Kepala Desa Sumber Sari, Sutarno mengungkapkan, masalah pengairan adalah kendala yang selalu dihadapi petani di desanya saat musim kemarau. Mayoritas sawah di sana mengalami kekeringan serius saat hujan tak kunjung turun.

“Para petani sudah merasakan manfaatnya, bahkan sebelum diresmikan pak KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Kami tidak takut lagi saat musim kemarau,” terangnya Sutarno, Sabtu (23/3/2024).

Untuk diketahui, Desa Sunber Sari memiliki luas lahan persawahan sekitar 319 Hektar (Ha) dan 50 Ha lahan pertanian sayur. Dengan 80 persen penduduk disana berprofesi sebagai petani. Dengan kehadiran sumur bor ini, diharapkan mampu meningkatkan hasil prodiksi pertanian disana dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Kini, Sutarno semakin optimis desanya bisa berkontribusi besar dalam mewujudkan misi besar Pemkab Kukar. Menjadikan Bumi Etam sebagai lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kami sangat optimis Desa Sumber Sari menjadi salah satu daerah penyumbang pangan bagi Kaltim khususnya Kukar sendiri,” pungkasnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #tmab #sumur-bor-tenaga-surya #ikn #petani 

Berita Terkait

IKLAN