Rabu, 19 Juni 2024 08:17 WIB

Lifestyle

7 Tanaman Herbal Ini Ampuh Bikin Maag Tak Berkutik, Efektif dan Mudah Ditemukan

Redaktur: Redaksi
| 207 views

Ilustrasi kunyit. (Pexels)

Affiliasi.net - Maag adalah penyakit gangguan pencernaan yang cukup umum dialami banyak orang. Maag yang mendadak kambuh dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala maag yang sering muncul adalah sakit perut, perih, mual, dan kembung.

Maag atau gastritis adalah kondisi peradangan pada dinding lambung yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti efek samping penggunaan obat-obatan tertentu, alkohol, merokok, pola makan yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan pedas, berlemak, dan asam, serta stres.

Faktor-faktor tersebut bisa mengakibatkan produksi asam lambung meningkat, gangguan pada lapisan pelindung lambung, dan peradangan yang mengakibatkan gejala maag seperti nyeri perut, mulas, perut kembung, dan gangguan pencernaan lainnya.

Selain obat-obatan medis, terdapat beberapa tanaman herbal yang dapat membantu mengatasi maag. Berikut beberapa tanaman herbal yang memiliki khasiat ampuh mengatasi maag:

1. Jahe (Zingiber officinale)

Jahe telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan gangguan pencernaan, termasuk maag. Senyawa-senyawa aktif dalam jahe, seperti gingerol, memiliki sifat antiinflamasi dan antispasmodik yang dapat membantu meredakan peradangan di saluran pencernaan serta mengurangi kejang otot yang menyebabkan nyeri perut.

2. Daun Mint (Mentha)

Daun mint mengandung menthol, yang dapat membantu mengurangi gejala maag seperti perut kembung, mulas, dan rasa terbakar di dada. Mengonsumsi teh mint atau minyak esensial mint secara teratur dapat membantu menenangkan lambung dan meningkatkan pencernaan.

3. Kunyit (Curcuma longa)

Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Konsumsi kunyit secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan di dalam lambung dan meredakan gejala maag.

4. Lidah Buaya (Aloe vera)

Lidah buaya dikenal karena sifatnya yang menenangkan dan penyembuhan pada berbagai kondisi kulit, namun gel lidah buaya juga dapat membantu meredakan gejala maag. Gel lidah buaya memiliki sifat penenang yang dapat membantu melapisi lambung dan mengurangi iritasi.

5. Kayu Manis (Cinnamomum verum)

Kayu manis mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung dan meningkatkan pencernaan. Mengonsumsi kayu manis secara teratur dapat membantu meredakan gejala maag seperti mulas dan perut kembung.

6. Pepaya (Carica papaya)

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu memecah protein dalam makanan dan meningkatkan pencernaan. Konsumsi buah pepaya segar atau suplemen enzim pepaya dapat membantu mengurangi gejala maag dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

7. Chamomile (Matricaria chamomilla)

Chamomile memiliki sifat antispasmodik dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan kejang otot di lambung dan mengurangi peradangan. Minum teh chamomile secara teratur dapat membantu mengurangi gejala maag seperti mulas dan nyeri perut. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #tanaman-herbal #obat-herbal-maag #tanaman-herbal-atasi-maag 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler