Kamis, 02 Mei 2024 12:25 WIB

Advetorial

Desa Muara Enggelam Bangun Homestay Untuk Meunjang Potensi Wisata

Redaktur: Redaksi
| 30 views

Keindahan Desa Muara Enggelam Kecamatan Muara Wis (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Memanfaatkan letak geografis desa yang tak biasa, yaitu mengapung diatas permukaan air. Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah menyusun rencana untuk mengembangkan pariwisata di sana.

Rencananya Pemdes Muara Enggelam bakal mengkonversi pohon-pohon tua menjadi homestay. Ini merupakan inovasi baru yang akan dilakukan di sektor pariwisata, dengan tujuan menarik perhatian para wisatawan agar berkunjung ke Muara Enggelam.

Kepala Desa (Kades) Muara Enggelam, Madi mengungkap, konsep homestay yang mereka usung bakal mengacu pada keindahan alam Desa Muara Enggelam itu sendiri. Apalagi melihat kecenderungan wisatawan yang mencari tempat tenang untuk bersantai.

“PR kami saat ini akan memberdayakan alam, dengan memanfaatkan pohon yang telah ratusan tahun lamanya untuk dibuatkan menjadi seperti homestay,” ujarnya, Sabtu (30/3/2024).

Madi menyebut, telah merencanakan pembangunan penginapan terapung sebagai daya tarik tambahan bagi wisatawan yang ingin menikmati kehidupan di atas air.

Kendati demikian, kedatangan wisatawan dalam jumlah banyak dapat membawa peningkatan pendapatan bagi masyarakat setempat, serta pendapatan desa secara keseluruhan.

Madi juga menjelaskan, upaya pengembangan pariwisata ini juga menimbulkan beberapa pertimbangan, terutama terkait dengan pelestarian lingkungan.

Ia menegaskan, dalam mengembangkan sektor pariwisata, mereka akan tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan memastikan aktivitas wisata tidak merusak ekosistem lokal.

Untuk mewujudkan visi ini, Desa Muara Enggelam berencana untuk melakukan kerja sama dengan pihak terkait, baik itu pemerintah daerah maupun pihak swasta.

“Semoga ke depannya pihak pemerintah setempat dapat melirik desa kami untuk pengembangan sektor wisatanya,” jelasnya.

Diharapkan Madi, dengan mengajak masyarakat setempat untuk turut berperan serta dalam pembangunan sektor pariwisata, maka dapat membantu perkembangan mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal.

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #muaraenggelam #wisatadesa #ekowisata #sosial 

Berita Terkait

IKLAN