Minggu, 05 Mei 2024 12:45 WIB

Advetorial

Layanan Adminduk di MPP Kukar Terbaik 4 se-Indonesia

Redaktur: Redaksi
| 31 views

Ilustrasi pelayanan Adminduk di MPP Kukar (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Tingkat kunjungan pelayanan administrasi dan kependudukan (adminduk) di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kutai Kartanegara (Kukar) menduduki posisi terbaik keempat se-Indonesia.

Berdasarkan catatan yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara, jumlah orang yang datang untuk mengakses pelayanan adminduk ke MPP Kukar mencapai 260 orang.

Kepala Disdukcapil Kutai Kartanegara M Iryanto, mengatakan capaian tersebut merupakan keberhasilam tertinggi dibanding kabupaten/kota lainnya se-Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Kita baru terjun, tapi sudah berhasil meraih penghargaan empat terbaik tingkat nasional atau se-Indonesia," kata Rabu (3/4/2024).

Iryanto menambahkan, tingkat kunjungan pada pelayanan adminduk di MPP juga mendapat apresiasi dari KemenPAN-RB karena berhasil meraih penghargaan keempat tingkat nasional pada 2023 lalu.

Namun, kata dia, ini tidak serta merta dicapai. Ada berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara agar pelayanan adminduk berjalan maksimal.

Oleh sebab itu, Disdukcapil Kutai Kartanegara pun telah berkomitmen untuk terus memaksimalkan pelayanan agar masyarakat Kukar merasa nyaman dan puas dengan pelayanan tersebut.

Bahkan, kata Iryanto, dalam sehari kepengurusan adminduk bisa mencapai 1.000 orang. Kebanyakan dari mereka datang secara langsung maupun online atau dibantu dengan petugas narahubung Disdukcapil di setiap desa/kelurahan.

"Yang melalui online atau dibantu dengan petugas narahubung itu sekitar 750 orang dan yang datang langsung sekitar 260 orang," sebutnya.

Sementara untuk pelayanan di Disdukcapil, sifatnya hanya melayani melalui petugas narahubung atau online secara mandiri.

"Kami di MPP memiliki 23 layanan, seperti pembuatan KTP, penerbitan akta kelahiran atau kematian, mengurus nikah dan lainnya," tutupnya

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #mall-pelayanan-publik #disdukcapil #penghargaan 

Berita Terkait

IKLAN