Sabtu, 04 Mei 2024 08:11 WIB

Advetorial

Sunggono Apresiasi Relawan PMI Kukar yang Siaga Bertugas saat Lebaran 2024

Redaktur: Redaksi
| 31 views

Sekkab kukar, Sunggono bersama relawan PMI Kukar (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah, Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kutai Kartanegara (Kukar) bersiaga di posko mudik dan balik lebaran.

Bupati Kukar Edi Damansyah melalui Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono mengapresiasi dan meminta para camat mendukung para relawan.

"Saya bangga dan mengapresiasi eksistensi PMI Kukar dan PMI yang tersebar di 20 kecamatan. Sejak dikukuhkan kepengurusan baru, sudah memberikan manfaat bagi masyarakat," kata Sunggono, Kamis (4/4/2024).

Ia pun minta kinerja positif dalam membantu masyarakat tersebut terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan melalui kerja bersama dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah masing-masing, agar lembaga ini makin kuat dan jangkauan bantuan bisa masuk ke pelosok desa.

Hal penting yang juga harus dipertahankan adalah kesolidan seluruh relawan PMI yang ada di lapangan, baik solid sesama anggota per kecamatan, antarkecamatan, hingga solid anggota mulai kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga pusat.

"Semua relawan PMI juga harus terus mengembangkan diri dan diharapkan jiwa kemanusiaan ini bisa tumbuh sejak usia dini, yakni melalui pembinaan dan pengembangan Palang Merah Remaja (PMR) di satuan pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi," katanya.

Menurut Sunggono, menjelang Idul Fitri salah satu kebahagiaan insan adalah bertemu hingga berkumpul dengan keluarga dan sahabat-sahabat terdekat, sehingga ketika intensitas pemudik tinggi, maka diperlukan relawan untuk membantu, salah satunya adalah PMI.

Ia menyebut, tingginya jumlah pemudik yang satu sisi dalam suasana gembira, namun di sisi lain bisa berpotensi terjadi masalah selama perjalanan seperti kemacetan, kecelakaan, dan hal yang tidak diinginkan, sehingga peran relawan sangat berarti untuk membantu mereka.

"Untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka PMI Kukar bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan antara lain Polres Kukar, pemerintah daerah, dan instansi lainnya, dapat mendukung kegembiraan masyarakat selama mudik dan balik lebaran," pungkas Sunggono.

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #idul-fitri #pmi #kemanusiaan #relawan #masyarakat 

Berita Terkait

IKLAN