Selasa, 30 April 2024 01:17 WIB

Lifestyle

Jangan Pusing dengan Komedo Membandel, 5 Bahan Alami Ini Ampuh Angkat Komedo hingga Tak Bersisa

Redaktur: Redaksi
| 93 views

Ilustrasi komedo. (Sumber: westlakedermatology)

Afiliasi.net - Komedo adalah kondisi kulit yang umum terjadi, terutama pada wajah, di mana pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Hal ini seringkali menghasilkan bintik-bintik kecil yang berwarna hitam atau putih yang dapat ditemukan di area-area seperti hidung, dagu, dahi, pipi, dan area lainnya yang cenderung berminyak.

Komedo dapat menjadi masalah kulit yang mengganggu dan dapat memengaruhi penampilan seseorang. Namun jangan panik, komedo juga bisa, lho, dihilangkan dengan cara-cara alami sebagai berikut:

1. Uap Wajah

Mandi uap wajah merupakan salah satu cara membasmi komedo yang paling mudah dilakukan. Mandi uap wajah dapat dilakukan dengan cara menyiapkan air mendidih dalam mangkuk, kemudian tundukkan wajah persis di atas uap tersebut. Proses ini akan membantu membuka pori-pori kulit dan melunakkan komedo.

2. Scrub Gula dan Madu

Gula dapat bertindak sebagai eksfolian alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sementara madu memiliki sifat antibakteri. Kombinasi kedua bahan alami ini dikenal ampuh untuk membantu mengurangi komedo.

Membuat scrub gula dan madu cukup mudah. Campurkan gula pasir dengan sedikit madu hingga membentuk pasta. Gosokkan campuran ini secara lembut ke daerah yang memiliki komedo, lalu bilas dengan air hangat.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membersihkan pori-pori kulit, sehingga bisa membantu mengurangi kemunculan komedo. Pertama, ambil sejumput gel lidah buaya segar atau ekstraknya. Oleskan secara merata ke area yang memiliki komedo. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

4. Minyak Tea Tree

Minyak tea tree merupakan minyak dari hasil penyulingan daun Melaleuca alternifoca. Manfaat minyak ini untuk kesehatan kulit sangat luas, salah satunya dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi komedo.

Dalam mengaplikasikan minyak tea tree di wajah untuk mengurangi komedo, pertama-tama, campurkan satu atau dua tetes minyak tea tree dengan sedikit minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak jojoba, untuk menghindari iritasi kulit.

Kemudian, gunakan kapas atau ujung jari untuk mengoleskan campuran ini secara lembut ke area yang memiliki komedo. Biarkan selama beberapa jam atau semalam sebelum mencuci wajah dengan air hangat.

5. Putih Telur

Maker putih telur juga dikenal ampuh untuk membantu memusnahkan komedo di wajah. Sebabnya, kansungan Elysozyme di dalam putih telur mampu membasmi bakteri penyebab komedo. 

Caranya, cukup siapkan putih telur dalam mangkok kemudian campur dengan satu sendok makan madu. Aduk campuran hingga merata, lalu oleskan di area wajah yang memiliki komedo. Biarkan hingga mengering atau sekitar 30 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

Nah, itu dia tadi cara-cara mengatasi komedo menggunakan bahan-bahan alami yang telah Presisi rangkum dari berbagai sumber.

Perlu digarisbawahi, menghilangkan komedo tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Proses ini mungkin akan memakan waktu beberapa minggu, bahkan beberapa bulan. Jadi, kuncinya ialah harus konsisten dan bersabar menanti hasilnya. Semoga berhasil! (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #tips-menghilangkan-komedo #komedo #cara-menghilangkan-komedo-alami 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler