Kamis, 30 Mei 2024 04:21 WIB

Nusantara

Kuliah di Inggris, Zara Anak Perempuan Ridwan Kamil Putuskan Lepas Hijab: Aku Adalah Aku

Redaktur: Redaksi
| 309 views

Zara anak Ridwan Kamil. (net)

Afiliasi.net - Putri Ridwan Kamil, Camillia Laetitia Azzahra atau Zara, tengah menuai sorotan warganet lantaran mendadak mengumumkan dirinya akan tampil tanpa hijab alias melepas kerudungnya. Kabar mengejutkan ini diumumkan Zara lewat Instagram pribadinya, pada Jumat (4/4/2024).

Dalam unggahannya, perempuan yang baru saja menempuh pendidikan di Eropa itu mengaku sudah melalui proses diskusi yang cukup panjang dengan orang tuanya.

"Hi semuanya, setelah banyak pertimbangan dan diskusi yang sangat amat panjang dengan keluarga aku, aku memutuskan untuk melepas kerudungku," ungkap Zara.

Ketika dirinya memilih mengenakan hijab lagi suatu saat nanti, maka keputusan tersebut muncul sebagai jawaban atas perjalanan spiritual yang kini tengah dilakukannya.

"Jikapun aku berkerudung lagi, itu harus datang dari pencarian keyakinan oleh diriku sendiri, bukan oleh permintaan lingkungan atau orang lain. Ijinkan aku memulai perjalanan pencarian ini dengan caraku sendiri," kata Zara.

Putri Atalia Praratya itu juga mengatakan bahwa isi hati lebih penting dibanding soal penampilan fisik.

"Karena bagi aku secara personal, seorang Muslim yang adalah mereka yang melakukan syariat ajaran agama dari hati. Bukan soal penampilan tapi soal hati yang bersih," sambungnya.

Lebih lanjut, Zara menyebut keputusannya ini merupakan caranya untuk menunjukkan kejujuran kepada dirinya dan kepada orang lain.

"Aku tidak suka membohongi orang lain karena aku pun tidak suka dibohongi, maka dari itu, ini adalah cara aku untuk jujur. Jadi jangan berekspektasi terlalu tinggi terhadap aku," kata Camillia.

Perempuan 19 tahun itu mememinta masyarakat tidak membandingkannya dengan sang ayah, sang ibu, maupun mendiang kakaknya. Pasalnya, ia ingin menjadi dirinya sendiri. 

"Aku bukan papaku, aku bukan mamaku, dan aku bukan kakakku. Tapi aku adalah gabungan mereka semua, semua didikan mereka selalu aku terapkan, dan aku adalah aku," ujar Camillia.

"Identitasku adalah namaku, Camilia Laetitia Azzahra. Lahir di Bandung, etnisitas Sunda," lanjutnya.

Sebagai seorang anak dari politikus, Zara paham betul keputusannya itu akan berdampak pula ke orang tuanya. Oleh sebab itu, ia meminta agar publik tidak menghakimi Ridwan Kamil dan Atalia Praratya.

"Jangan menyalahkan orang tua aku, mereka mendidik aku untuk menjadi perempuan cerdas, berkarakter, dan beragama. Ini semua adalah pilihanku sendiri, aku memilih momentum dimana orang tua aku sedang dalam masa tenang di dunia mereka dan juga bulan suci Ramadan," ujarnya.

Terakhir, Zara menyatakan akan bertanggung jawab jika ada rekan bisnis yang merasa dirugikan atas kpeutusannya. Pun jika ada warganet yang tak sejalan dengan keputusannya, Zara tak keberatan jika akunnya di-unfollow. (*)

Editor: Rafika


TOPIK BERITA TERKAIT: #zara #camilia-laetitia-azzahra #zahra-anak-ridwan-kamil #zahra-lepas-hijab #anak-ridwan-kamil #atalia-praratya 

Berita Terkait

IKLAN