Senin, 13 Mei 2024 03:24 WIB

Advetorial

Selama Libur Lebaran, Desa Wisata Pela Masih Jadi Destinasi Wisata Favorit di Wilayah Hulu

Redaktur: Redaksi
| 18 views

Suasana keseruan susur danau di Desa Pela (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Selama libur lebaran, Desa Wisata Pela yang terletak di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Katanegara (Kukar) masih menjadi salah satu spot wisata favorit masyarakat untuk rekreasi.

Dengan menawarkan sensai menyaksikan kawanan Pesut Mahakam berenang di habitatnya yang tidak dapat ditemukan di daerah lain. Desa Wisata Pela bahkan sukses menarik kunjungan pelancong dari manca negara.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pela, Alimin mengatakan, kunjungan wisatawan meningkat pesat saat momen libur lebaran.

“Jumlah pengunjung terus meningkat dari lebaran hingga hari minggu kemarin. Pada hri lenaran pengunjung ada di kisaran 200-300 orang, sedangkan hari berikutnya mencapai 500 orang,” ujar Alimin, Selasa (16/4/2024).

"Pengunjung berasal dari berbagai daerah seperti Kota Bangun, Tenggarong, Balikpapan, dan Samarinda,” timpalnya.

Berbagai paket trip disediakan bagi para pelancong yang datang kesana, mulai dari suaur Danau Semayang dari Desa Liang Ulu denga kapal ke perairan Desa Pela yang dibandrol tarif Rp400 ribu per kapal yang bisa menampung 15-20 orang.

Alimin mengatakan, pihaknya juga menyediakan paket keliling danau yang sama bagi pengunjung yang langsung datang ke Desa Pela dengan kemdaraan. Ongkosnya lebih murah yaitu Rp200 ribu per kapal.

“Jika beruntung pengunjung bisa betemu kawana pesut saat susur danau,” serunya.

Selain itu, pengunjung juga bisa menginap di Desa Pela karena terdapt fasilitas berupa homestay disana. Biaya menginap per malam adalah Rp 200 ribu per orang, termasuk tiga kali makan.

Di Desa Pela, pemgunjung juga bisa menghampiri museum nelayan yang edukatif dan menghibur. Selain itu, terdapat sepeda yang disewakan untuk menyusuri desa, terutama di sekitar jembatan ulin. 



"Harapan kami adalah agar Pemerintah Kabupaten Kukar maupun Dinas Pariwisata dapat terus berkolaborasi dengan kami untuk pengembangan Wisata Pela ke depan," tandasnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #pariwisata #ekonomi-lokal 

Berita Terkait

IKLAN