Selasa, 21 Mei 2024 09:41 WIB

Advetorial

Dispar Kukar Hadirkan Program Sertifikasi Pemandu Wisata Pada Tahun Ini

Redaktur: Redaksi
| 24 views

Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berencana menghadirkan program sertifikasi pemandu wisata pada tahun ini. Kegiatan ini merupakan wujud nyata keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Tahun ini, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta mengatakan. Program ini ditujukan untuk pemgelola destinasi wisata yang tergabung dala Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Program ini dijalankan guna memberikan pelayanan terbaik terhadap wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang dikelol oleh masing-masing Pokdarwis. Sekaligus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusi (SDM) di sektor pariwisata.

Prosesnya sendiri saat ini masih dalam tahap pendataan. Untuk mengetahui pemandu wisata dari Pokdarwis mana yang perlu diajukan mengikuti sertifikasi dari Badan Sertifikasi Nasional.

“Ini nanti akan kami data dulu, tapi targetnya semua yang mengikuti adalah pokdarwis yang tersertifikasi,” sebutnya, Jumat (19/4/2024).

Ridha mengatakan, program ini merupakan tindak lanjut dari apa yang dilakukan Dispar Kukar pada tahun lalu. Saat itu pihaknya telah sukses menggelar pelatihan pemandu wisata. Sehingga tahun ini tinggal menggelar sertifikasi.

Nantinya, para pemandu wisata yang didata Dispar Kukar ini akan mengikuti ujian sebelum mendapatkan sertifikasi. Berdasarkan data yang dimiliki Dispar Kukar, saat ini terdapt 56 Pokdarwis. Namun sayangnya tidak semua pokdarwis aktif.

“Kami harap sertifikasi pemandu wisata ini dapat bantu kami kembangkan wisata. Karena kami sadar bahwa pengembangan pariwisata dari pemerintah itu perlu lebih banyak peran dari masyarakat,” tandasnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #pariwisata #pokdarwis #peningkatan-kualitas-pariwisata #ekonomi-lokal #sdm-pariwisata 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler