Minggu, 08 September 2024 10:11 WIB

Advetorial

DP3A Kukar Segera Resmikan Miliki Mal Pelayanan Perempuan dan Anak

Redaktur: Redaksi
| 90 views

Kantor MPPA Kukar yang akan segera diresmikan (Istimewa)

Tenggarong, Afiliasi.net - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), bakal segera meresmikanMal Pelayanan Perempuan dan Anak (MPPA).

Terobosan ini dihadirkan untuk mengatasi masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak yang masih kerap terjadi di Kukar, agar mendapat tempat pengaduan dan pelayanan khusus.

Sekretaris DP3A Kukar Hero Suprayetno mengatakan, MPPA ini nantinya memiliki dua aspek pelayanan. Yakni aspek penanganan kasus, serta aspek pemberdayaan. Lokasinya sendiri terletak di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong.

Dengan hadirnya MPPA ini, diharapkan dapat memberikan layana terbaik bagi masyarakat Kukar, khususnya perempuan dan anak. Agar fungsi pelayanan berjaln lebih optimal, Hero Suprayetno juga mengatakan pihaknya akan berkolaborasi dengan sejumlah pihak.

"Nantinya ada kerja sama di MPPA. Sehingga ketika ada kasus kita ingin korban tidak mengalami kekerasan dalam administrasi, pelayanannya bisa lebih mudah lagi," jelas Hero, Senin (30/4/2024)

Beberapa instansi yang nantinya terlibat di MPPA ini lintas sektoral. Mulai dari kepolisian, kejaksaan, kehakiman, Pengadilan Agama, hingga dari Pemkab Kukar sendiri. Yakni DP3A, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, serta OPD lainnya, menyesuaikan keperluan pelayanan. Saat ditanya kapan MPPA ini akan beroperasi, Hero belum dapat memastikan. Namun DP3A terus mematangkan persiapan secara optimal.

"Polanya masih sederhana, masih inovasi awal. Jadi fasilitasi gedung dan lainnya belum mendukung layaknya mal pelayanan. Yang jelas kita buat kantor utamanya terlebih dulu,” serunya.

“Karena kita berharap pengadilan terhadap kekerasan perempuan dan anak tidak perlu ke kantor pengadilan lagi. Kita siapkan di MPPA, sebingga terpusat disitu saja. Kita juga sudah punya analis hukum, konselor hukum, konselor psikologi, ada konselor klinis juga," timpalnya. (Adv)

Penulis: Redaksi


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkab-kukar #perempuan #anak #pencegahan-kekerasan #layanan-publik 

Berita Terkait

IKLAN